Pemkab Gumas Peduli Pejuang, Huma Adat Hamputan Singarasa Tunda Diresmikan

Foto: Bupati Gunung Mas, Jaya Samaya Monong ketika meresmikan Rumah adat .

Gunung Mas, Derikzone.net- Bupati Gunung Mas (Gumas) ,  Samaya Monong didampingi Wakil Bupati Efrensia L.P Umbing meresmikan Huma Adat Hamputan Singarasa Tunda, di Desa Batu Nyiwuh, Kecamatan Tewah, Sabtu (05/03/2022).

“Ini salah satu dukungan program yaitu, Smart Tourism, dimana program tersebut bergerak dibidang pariwisata yang cerdas dan maju dengan kearifan lokal,” ujar Jaya.

Tokoh inspiratif itu pun mengatakan, program tersebut dapat mengundang para wisatawan agar berkunjung ke Huma Adat Hamputan Singarasa Tunda yang berada di desa tersebut.

Apalagi letak huma adat tersebut mudah dicapai dengan kendaraan roda empat maupun roda dua,” jelasnya.

Kemudian dengan adanya huma adat ini, kata dia, dapat menambah kekayaan budaya kita, dan juga  bertujuan sebagai objek wisata serta menambah icon wisata kita.

Jadi banyak icon wisata wisata yang ada di Kabupaten Gumas salah satunya Huma Adat Hamputan Singarasa Tunda,” katanya.

Orang nomor satu di Bumi Gunung Mas itu menjelaskan bahwa Singarasa merupakan seorang tokoh yang berjuang mempertahankan kemerdekaan.

Singarasa juga berjasa dalam memelihara, menjaga dan mempertahankan adat, budaya dan masyarakat adat khususnya di Desa Batu Nyiwuh,” tukas sang Bupati .

Pada momentum yang sama, ketua panitia peresmian Huma Adat Hamputan Singarasa Tunda, Kartianae S. Mangkin, menerangkan dengan adanya rumah adat ini sebagai bukti bagi seluruh anak cucu, cicit, dan penduduk batu nyiwuh bahwa pemerintah sangat menghargai dan menghormati tokoh-tokoh yang berjasa seperti juga sosok Singarasa Tunda.

Sekedar diketahui bahwa Pembangunan Huma Adat Hamputan Singarasa Tunda menelan biaya ratusan juta, dengan rincian 400 Juta Dana APBN Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diberikan pada tahun 2018, dan 200 juta diberikan oleh APBD Provinsi Kalimantan Tengah.

Dari swadaya panitia melalui keluarga, donatur dan simpatisan dengan total jumlah 60 juta serta bantuan-bantuan lain berupa barang, jasa dan lainnya yang sifatnya tidak mengikat,” tandasnya

Tinggalkan Balasan