Panen Sayur Kangkung, Bukti Lapas Pamekasan Sukses Kembangkan Kreativitas WBP

Pamekasan, Detikzone.net – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pamekasan panen perdana sayur kangkung yang ditanam oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), di Lapas Kelas IIA Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Selasa (08/03/22)

Setelah berproses sekitar 1 bulan tahap pemeliharaan dan perawatan, sayur kangkung sudah mulai bisa dipanen.

Ada sekitar 25 orang WBP yang mengelola tanaman Kangkung, dengan pengawasan dari petugas Lapas, Dari pembibitan sampai panen membutuhkan waktu sekitar 1 bulan,” Ujar Dwi Puji Mulyanto kasi Bimbingan Kemasyarakatan

Kata dia, Hal itu membuktikan bahwa proses Pembinaan Kemandirian di Lapas Pamekasan dengan berkebun menunjukkan hasil yang positif.

“Pembinaan kemandirian melalui berkebun sayur-sayuran di Lapas Pamekasan tidak hanya fokus pada satu macam tanaman, namun Warga Binaan juga menanam berbagai macam jenis tanaman lainnya,” katanya

Menurutnya, ada banyak pelatihan kemandirian yang diberikan kepada Warga Binaan, salah satunya dalam bidang pertanian.

Warga Binaan kami arahkan menanam Kangkung, Kacang panjang, dan sayuran lain” ucap Dwi puji, Kasi Bimker

Pihaknya juga menyampaikan, kegiatan berkebun merupakan salah satu kegiatan wajib di ikuti oleh WBP Lapas Pamekasan.

Warga Binaan yang memiliki kemampuan ataupun ingin belajar tentang perkebunan akan kami arahkan untuk mengikuti program pembinaan melalui berkebun ini,” tukas Dwi.

“Kegiatan ini pun wajib diikuti oleh Warga Binaan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan sehingga akan menjadi bekal ketika mereka bebas kelak” pungkas Dwi.

Tinggalkan Balasan