Bupati Gunung Mas Resmikan Huma Adat Hamputan Singarasa Tunda

Foto: Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya Samoya Monong, S.E. M.S.i meresmikan Huma Adat Hamputan Singarasa Tunda.

Gunung Mas, Detikzone.net- Bupati Gunung Mas, Jaya Samoya Monong, S.E. M.S.i membuka peresmian dan syukuran Huma Adat Hamputan Singarasa Tunda, di Desa batu nyiwuh, Kecamatan Tewah, Kabupaten gunung Mas. Sabtu, 05-3-2022.

Pantauan di lokasi, Bupati bersama rombongan disambut histeris masyarakat setempat.

Dalam giat itu, Ibu wakil Bupati Gunung Mas, Ir. Efrensia L.P Umbing M.S.i, juga turut mendampingi bersama Kapolres, AKBP Irwansah S.I.K, Dandim Gunung Mas, Satpol-PP dan Dinas Perhubungan serta anggota Dewan juga menghadiri peresmian syukuran Huma Adat Hamputan Singarasa Tunda tersebut.

Saat peresmian Huma Adat  berlangsung, orang nomor Wahid di Kabupaten Gunung Mas, Jaya Samoya Monong mengatakan bahwa almarhum Hamputan Singarasa Tunda itu adalah tentara pejuang sejak tahun 1940.

Ketika Belanda dan Jepang menjajah desa Batu Nyiwuh bisa dihentikan oleh almarhum Hamputan Singarasa Tunda, sehingga Jepang atau belanda menjadi satu kesatuan dengan Suku Dayak di desa Batu Nyiwuh,” tuturnya.

Oleh sebeb itu, kata Bupati, anak cucu dari cicit almahum Hamputan Singarasa Tunda membangun Huma Adat tersebut.

Lebih jauh Bupati menegaskan bahwa berdirinya Huma adat Hamputan Singarasa Tunda diharapkan menjadi satu kesatuan untuk meningkatkan kearifan satu kesatuan dari bebagai suku dan budaya yang ada di Indonesia.

Dengan diresmikannya Huma  Adat  Hamputan Singarasa Tunda tersebut agar bisa digunakan berbagai kegiatan seperti Sanggar budaya, adat Dayak dan kegiatan-kegiatan lainnya,” jelasnya.

Terakhir, Bupati visioner itu berkomitmen untuk mewujudkan Gunung mas menjadi sebuah Kabupaten yang penuh toleransi demi mewujudkan kesejahteraan.

Demi mewujudkan Gunung Mas sejahtera dan mengedepankan toleransi umat beragama dan merawat  kebhinekaan,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan