Bupati Resmikan Gedung Baru Puskesmas, Nakes Diminta Tingkatkan Pelayanan Prima

Foto: Bupati Sumenep, Achmad Fauzi SH, MH ketika meresmikan puskesmas gedung Puskesmas Legung.

Sumenep, Detikzone.net- Demi menunjang pelayanan terbaik dibidang dunia kesehatan, sesuai dengan Tagline Bismillah Melayani, berbagai upaya telah dilakukan sang Bupati, salah satunya dengan Pembangunan gedung Puskesmas Legung Kecamatan Batang-batang dan Puskesmas (Pulau) Masalembu.

Hal itu dilakukan demi memicu semangat tenaga kesehatan dan jajaran Puskesmas setempat, untuk meningkatkan kinerja dalam meyajikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat Kabupaten Sumenep.

Saya tekankan gedung Puskesmas yang baru itu dimanfaatkan sebagai fasilitas untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi, SH, MH, saat meresmikan Gedung Puskesmas Legung dan Puskesmas Masalembu di Puskesmas Legung, Jum’at (04/03/2022)

Oleh karenanya, Bupati menekankan kepada Kepala Puskesmas, tenaga medis dan jajaran di dua Puskesmas itu, hendaknya senantiasa meningkatkan kinerja melayani masyarakat.

“Supaya cakupan indikator layanan kesehatan semakin lebih baik,” jelasnya

Karena walau bagaimanapun, kata dia, pembangunan gedung Puskesmas tersebut harus diimbangi dengan Sumber Daya Manusia (SDM) mumpuni serta semangat kerja yang cepat dan profesional.

Diharapkan, semua jajaran Puskesmas harus memperkuat komitmennya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, agar pembangunan gedung Puskesmas itu tidak sia-sia belaka,” pintanya.

Keponakan ketua BANGGAR RI ini mengharapkan agar kepala Puskesmas terus tancap gas melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, karena saat ini, pembangunannya tidak hanya sekedar fisiknya saja, namun yang terpenting adalah pelayanan kesehatannya.

Pemerintah daerah membekali seluruh Puskesmas dengan digitalisasi melalui  medical record tersentral agar memudahkan dalam memberikan pelayanan,” tuturnya.

Dalam giat itu, Bupati Achmad Fauzi menandai peresmian Puskesmas itu dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita secara simbolis.

Sementara itu, Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sumenep, Agus Mulyono mengungkapkan,  Puskesmas Legung pelayanannya mencakup 7 desa wilayah kerja dengan jumlah penduduk sekitar 20 ribu orang. Sedangkan Puskesmas Masalembu mencakup 4 desa berpenduduk 18 ribu lebih.

Anggaran dana pembangunan gedung dan fasilitas kesehatan untuk Puskesmas Legung sekitar Rp4,1 miliar dan Puskesmas Masalembu mencapai Rp6,5 miliar yang sumber dananya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik bidang kesehatan Pemerintah Pusat,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan