Wujudkan Kampung Berkah, Koramil Pahandut Kembangkan Budidaya Keramba Jaring Apung

Palangka Raya, Detikzone.net – Dalam rangka mewujudkan kampung berkah sebagai dukungan terhadap program pemerintah yakni peningkatan ketahanan pangan dimasa pandemi Covid-19, Danposramil Kecamatan Sebangau Koramil 1016-01/Pahandut Serma Gaverson mengajak warga mengembangkan budidaya ikan air tawar dengan pembuatan keramba jaring apung.

Serma Gaverson saat melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) membuktikan bahwa budidaya ikan air tawar melalui keramba apung dapat memenuhi kebutuhan protein hewani yang terjangkau bagi masyarakat bawah/ekonomi lemah.

“Saat ini budidaya ikan air tawar dengan keramba apung yang ramah lingkungan dan berkelanjutan sangat dibutuhkan guna memenuhi kebutuhan konsumsi ikan warga sekitar,” tutur Serma Gaverson, Rabu (2/3).

Kita mengajak dan mendorong warga masyarakat untuk mengembangkan budidaya ikan dikeramba jaring apung, melalui pendampingan dari Babinsa Kereng Bengkirai yang memberi pengetahuan dan inovasi mengenai budidaya tersebut,” lanjutnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, bahwa dengan adanya keramba apung mampu memberikan kontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja, baik langsung maupun tidak langsung seperti membuka lapangan pekerjaan untuk pembenihan, pembuatan pakan ikan, hingga pemilik warung makan.

Dengan demikian keramba apung selain menjadi sumber favorit protein hewani yang sangat di andalkan, juga menjadi sektor andalan bagi warga Kelurahan Kereng Bangkirai dalam  pemenuhan sumber protein serta menjadi lahan pekerjaan guna meningkatkan perekonomian bagi warga sekitar,” tandasnya .

Tinggalkan Balasan