Masyarakat Tambak Keramat Gelar Peringatan Isra’ Mi’raj di Masjid Al- Karomah

Foto: KH. Mustafa Makmun, Pengasuh Pondok Pesantren Al- Alwar Tambaktengah saat memberikan ceramah Isra' Mi'raj.

Tambak, Detikzone.net – Dalam rangka memperingati Hari Besar umat muslim, , masyarakat Tambak Keramat gelar acara Isra’ Mi’raj di Masjid Al-Karomah yang beralamat di desa Tambak Keramat, Kecamatan Tambak, Kabupaten Gresik. Minggu (27/02/2022) , malam.

Peringatan yang dihadiri oleh masyarakat Tambak Keramat dan sekitarnya tersebut diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran.

Kegiatan tersebu tetap mematuhi protokol kesehatan karena masih dalam suasana Pandemi  COVID-19.

Mahfud mewakili Ketua Peringatan Isra’ Mi’raj mengakui bahwa kegiatan peringatan Isra’ Mi’raj kali ini berbeda dengan kegiatan-kegiatan sebelumnya karena sangat menekankan protokol kesehatan, bahkan panitia menyiapkan masker untuk diberikan kepada warga yang tidak membawa masker.

Dalam acara itu, KH. Mustafa Makmun (Pengasuh Pondok pesantren Al-Anwar Tambak Tengah) dalam ceramahnya menyampaikan bahwa, “Peristiwa Isra’ Mi’raj merupakan peristiwa yang agung, perjalanan Nabi Besar Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Mekkah menuju Masjidil Aqsa di Palestina kemudian menuju ke Sidratul Muntaha atau langit ke-7 untuk menerima perintah shalat dari Allah SWT,” katanya.

Dengan demikian kita dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, dapat lebih baik menjalankan perintahnya sekaligus dapat menjauhi segala larangan-larangannya, serta jadikan peringatan Isra’ Mi’raj sebagai sumber inspirasi dalam menyongsong tugas-tugas mendatang,” imbuhnya.

Lebih lanjut KH. Mustafa Makmun menyampaikan, Isra’ Mi’raj memiliki nilai sejarah dan mengandung sejumlah hikmah dan pelajaran yang dapat dipetik bagi umat Islam. Salah satu hikmah dari peristiwa Isra Mi’raj adalah sebagai bentuk tanda-tanda kebesaran Allah untuk meningkatkan keimanan bagi setiap manusia.

Isra’ Mi’raj sekaligus menjadi ajang pembuktian keimanan seorang muslim. Peristiwa Isra’ Mi’raj sejatinya adalah perwujudan mengajarkan komitmen dan kepercayaan yang total. Tanpa komitmen dan kepercayaan yang penuh, maka sulit sekali meyakini Nabi telah melakukan perjalanan sejauh itu dengan waktu sedemikian singkat,” pungkasnya.

Sementara itu, Supaji Alatas, salah satu tokoh dan merupakan ketua panitia pembangunan Masjid Al-Karomah merasa bersyukur dengan bisa dilaksanakannya peringatan Isra’ Mi’raj di masjid-masjid. Termasuk di masjid Al-Karomah yang merupakan masjidnya masyarakat Tambak Keramat, walaupun yang hadir masih dibatasi karena COVID-19.

Supaji Alatas dan menyatakan bahwa pembangunan Masjid Al-Karomah dibangun saat pandemi covid-19, tepatnya pada tanggal 22 Mei 2021 dan saat ini sudah rampung 85% pembangunannya.

Beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat yang telah membantu, memberikan sumbangan dalam pembangunan Masjid Al-Karomah .

Sehingga selesai dan sudah bisa digunakan sebagai sarana ibadah. Walaupun terasa belum lengkap sarana-prasarana diantaranya; tempat untuk berwudhu, kamar mandi dan WC,” pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan