Majelis Dzikir Jamaah Al-Khidmah Bawean Gelar Haul Akbar di Masjid Al-Ihrom

Foto: Kepala desa, Fadal dalam sambutannya

Sangkapura, Detikzone.net- Majelis Dzikir Jamaah Al-Khidmah Bawean, menggelar acara rutin Haul Akbar dan doa kepada almaghfurlah KH Asrori Al-Ishaqi, doa kepada Sesepuh Ahli kubur Pulau Bawean serta doa buat masyarakat Bawean. Dan dilanjutkan dengan acara memperingati Isra’ Mi’raj. Acara kegiatan dilaksanakan di Masjid Al-Ihrom, Desa Lebak, Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik, jam; 18.00. (26/02/2022)

Secara teknis, kegiatan yang diawali khataman Al-Qur’an, dzikir, sholawat dan sholat Maghrib serta sholat Isya’ berjamaah. Dan acara tersebut disiarkan melalui streaming YouTube. Di samping itu pula kegiatan tersebut juga dihadiri oleh 6 habib dan kiyai dari daratan Jawa, diantaranya:

1. Habib Muhammad Al-Athos (Surabaya).
2. Habib Ali Abdullah Assegaf (Gresik).
3. Ustadz H. Sholeh (Ponpes Assalafi Al Fithrah Surabaya).
4. Habib Mustofa Al-Khirid (Mauidhoh) Malang.
5. Ust. Ali Ma’ruf Gresik (Imam Majlis).
6. Mansyur Efendi (PW Al-Khidmah Jatim).

Kepala Desa, Fadal dalam sambutannya menyampaikan bahwa; merasa bersyukur dan berbangga hati karena Majelis Dzikir jamaah Al-Khidmah Bawean sudi melaksanakan kegiatan di desa Lebak hingga bisa dihadiri oleh para habaib dari daratan Jawa dan seluruh jamaah Al-Khidmah Bawean.

Beliau juga menyampaikan asal-usul dipilihnya tempat kegiatan tersebut dilaksanakan di Masjid Al-Ihrom Lebak Sangkapura. Acara yang awalnya oleh Panitia Haul bakal digelar di Alun-alun Sangkapura dialihkan ke desanya atas permintaan Panitia Haul dan saya menyetujuinya.

Hal ini dilakukan mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19, yang masih sangat berbahaya bagi kesehatan jamaah semua bila datang ke lokasi acara dan berkumpul seperti tahun-tahun sebelumnya,” jelas Fadal

Fadal juga menyampaikan agar jamaah dengan Masjid Al-Ihrom dan lokasinya yang luas diharapkan agar tidak terjadi kerumunan yang menimbulkan potensi penyebaran Covid-19 di pulau Bawean, pungkasnya.

Selaku PW Al-Khidmah Jatim, Mansyur Efendi menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kepala Desa Lebak, Takmir Masjid Al-Ihrom dan seluruh masyarakat yang terlibat dalam suksesnya kegiatan tersebut.

Habib Mustofa Al-khirid menyampaikan ceramah Isra’ Mi’raj bahwa Peristiwa Isra’ Mi’raj merupakan peristiwa penting yang harus diimani oleh seluruh umat muslim. Dalam peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan secepat kilat dari Mekah menuju Palestina.

Bahkan, Nabi Muhammad SAW menembus tujuh lapis langit. Dalam perjalanan tersebut Nabi dijemput oleh malaikat Jibril untuk ditemani melakukan perjalanan Isra Mi’raj.

Peristiwa yang sungguh penuh hikmah Allah jadikan Isra’ wal Mi’raj sebagai tasliyah Allah tunjukkan kuasaNya yang tak berjumlah. Agar hanya kepadaNya sajalah hamba menyembah,” jelasnya.

Disebut peristiwa besar dan mulia karena selain menunjukkan mukjizat luar biasa yang Nabi Muhammad, Isra’ Mi’raj juga berbuah perintah kewajiban sholat lima waktu sehari semalam.
Sholat lima waktu sehari semalam inilah yang kemudian dijalankan umat Islam di seluruh dunia dan menjadi salah satu rukun Islam.

Karena makna penting Isra’ Mi’raj tersebutlah, maka sudah sewajarnya kita memeringatinya, sebagai wujud penghormatan kita kepada Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, sebagai pengingat untuk terus menguatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT”, pungkas beliau.

 

Tinggalkan Balasan