Gubernur Kirim Surat Saat Haul Bhuju’ Ratoh Ghejem Aryo Minak Suniyo Proppo

Pamekasan, Detikzone.net-  Dalam Rangka memperingati haul bhujuk Ratoh Ghejem Aryo Minak Suniyo, Khafifah Indra Prawansa, Gubernur Jawa Timur kirimkan surat saat pelaksanaan kegiatan tersebut di proppo pada. Ahad (27-02-2022) malam hari.

Sebelumnya Dalam kegiatan itu dikemas dengan berbagai kegiatan bakhti sosial, khitan masal, santunan anak yatim dan kaum dhuafa di Balai desa Proppo, Kamis (24-02-2022).

K. Miftah selaku ketua panitia dan merupakan keturunan dari Aryo Minak Senoyo saat di konfirmasi oleh media mengatakan, kegiatan ini murni bertujuan untuk kemanusiaan dalam rangka membantu masyarakat yang kurang mampu.

Kegiatan ini merupakan wujud peningkatan silaturrahim kepada semua masyarakat dan merupakan kelanjutan perjuangan leluhur kami Aryo Minak Senoyo yang selalu mengedepankan kemaslahatan ummat,” ungkap K. Miftah.

Ia menyampaikan, bahwa kegiatan ini murni untuk umum, yang menjadi peserta sunatan masal dan santunan bagi anak yatim dan duafa di prioritaskan bagi masyarakat Kecamatan Proppo dan sekitarnya.

Ini merupakan agenda tahunan setiap haul Bujuk Ratoh Ghejem “Arya Minak Senoyo” melaksanakan Bhakti sosial,” tuturnya.

K. Miftah berharap yayasan Bujuk Ratoh Ghejem dapat menjadi wadah bagi masyarakat dalam meningkatkan ekonomi melalui kewirausahaan.

Kami siap memfasilitasi masyarakat dalam meningkatkan ekonomi dengan meningkatkan kewirausahaan melalui pelatihan pelatihan yang di dalamnya peran Dinas terkait,” terangnya.

Khafifah Indra Prawansa dalam suratnya yang di wakili Muhyi S, Sos. M.Si menyampaikan dalam kegiatan tersebut memang perlu untuk dilaksanakan karna ki Aryo Minak Sunoyo merupakan penyiar agama islam dan putra Arya Damar Cucu Bre Kertabumi, raja Majapahit yang dikenal sebagai brawijaya v.

Banyak peninggalan sejarah ki aryo menak senoyo yang sampai saat ini berada di kecamatan proppo.salah satunya yang terkenal kitab layang yang terbuat dari daun lontar, telah banyak menceritkan sejarah Kehidupan para nabi dan sahabatnya, termasuk juga ajaran ajaran agama yang merupakan  sumber pelajaran bagi masyarakat luas,” ungkapnya.

Dirinya juga berharap dalam pertemuan yang bertepatan dengan peringatan malam Israk Mi’raj agar menjadi wadah yang bermanfaat dalam menjalin silaturtahmi.

Saya berharap agar pertemuan pada malam ini dapat kita manfaatkan sebagai sarana silaturrahmi bagi masyarakat Madura umumnya dan keturunan bhujuk ghajam khususnya, semoga dalam peringatan isra’ mi’raj ini dapat menjadi wahana untuk intropeksi diri (muhasabah) dan untuk pencerahan jiwa melalui internalisasi dan aktualisasi nilai nilai agama,” harapnya.

Tidak hanya harapan dalam penyampaian haul dan isra’ mi’raj, gubernur jatim meberikan himbauan agar tetap bersama sama dalam mematuhi program pemerintah dengan menjaga protokol kesehatan guna menghindari adanya varian baru omicron agar lebih waspada.

Masyarakat diharap agar tetap mendukung program pemerintah jawa timur untuk pelaksanaan vaksinasi dosis 1,2 dan 3 (boster). Mari kita melakukan ikhtiar bersama agar terlepas dari pandemi ini melalui vaksinasi covid-19 untuk membentuk kekebalan tubuh bagi seluruh masyarakat Jawa Timur.” pungkasnya

Tinggalkan Balasan