Berbesar Hatilah Pelaku UMKM, Pemkab Pamekasan Sudah Sediakan Rp 15 M Buat Modal Usaha

Foto: Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (Kabid IKP) Diskominfo Kabupaten Pamekasan, Arif Rachmansyah, (kiri) , Muttaqin, Kepala Dinas Koperasi dan UKM (kanan)

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Pamekasan menganggarkan Rp 15 miliar untuk pinjaman modal bagi pelaku UMKM dengan bunga rendah. Rinciannya, Rp 10 miliar untuk UMKM secara umum, dan Rp 5 miliar khusus modal program wirausaha baru (WUB).

Baca Juga : Diskominfo Pamekasan Dipercaya Jadi Pilot Project Pelatihan Digital Program Kominfo RI

Baca JugaBupati Pamekasan Berharap Spirit Isra’ Mi’raj Dapat Menumbuhkan Kerja Hebat dan Inovatif

Kepala Diskop UKM Pamekasan, Muttaqin mengungkapkan, anggaran tersebut merupakan dana bergulir yang dipersiapkan bagi masyarakat untuk mengembangkan usahanya. Dana itu bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) kabupaten.

Khusus untuk WUB dari sekitar Rp 5 miliar baru terserap Rp 1,5 miliar. Kalau yang selain WUB itu realisasinya sudah 100 persen,” terangnya, kamis (24/2/2022).

Kadis berharap, adanya pinjaman modal untuk masyarakat Pamekasan mampu dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan usaha pelaku UMKM. Sebab, tujuan penyediaan modal tersebut agar ekonomi masyarakat tumbuh dan mensejahterakan mereka.

Itu bentuk kehadiran dan kepedulian pemerintah kepada para pelaku UMKM. Fasilitas ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya dan bisa mengembangkan usahanya dengan baik,” tutur Kadis Koperasi dan UKM, Muttaqin.

Baca Juga : Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pamekasan Akan Fasilitasi Tempat Representatif Untuk PKL

Baca JugaProgram Digital Talent Scholarship, Pemkab Pamekasan Akan Menggelar Pelatihan DEA

Menurutnya, Dana Rp 5 miliar untuk para peserta WUB yang sebelumnya sudah mendapat pelatihan gratis dari pemerintah kabupaten tersebut merupakan fasilitas pinjaman modal dengan bunga hanya satu persen selama satu tahun.

Pemkab Pamekasan di bawah kepemimpinan Bupati Baddrut Tamam menargetkan mampu mencetak 10.000 pengusaha baru melalui program WUB,” jelasnya .

Pihaknya menjelaskan, Program tersebut tidak sebatas melatih masyarakat sesuai keinginan, “Namun juga memberikan bantuan alat produksi usaha, memberikan pinjaman modal hingga fasilitasi pemasaran, baik online maupun offline,” tandasnya.