Program IKDT, Desa Songa Dapat Giliran Kuliah Kampong dari Dr. Iksan Subur Karamaha

  • Bagikan

Halsel, Detikzone.net- Kuliah kampong yang merupakan program strategis dalam Ikatan Komunitas Desa Togale (IKDT), telah menjadi viral dan merambah masuk ke semua komunitas desa-desa Togale di Kabupaten Halmahera Selatan.

Salah satu desa yang baru saja selesai mendapat bagian kuliah kampong tersebut adalah desa Songa Kecamatan Bacan Timur Tengah Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara.Rabu 23/02/2022.

Kuliah kampong ini dilaksanakan bersamaan dengan pembentukan Ikatan Komunitas Desa Togale (IKDT) tingkat desa. Program strategis ini sangat mendapat respon dari kalangan komunitas milenial, kalangan komunitas menenga dan komunitas lansia,” Ucap Iksan Subur.

Mencermati rasa respon ini terhadap kuliah kampong, kata dia,  menunjukkan sebuah sikap positif yang jujur tentang hausnya pengetahuan, wawasan dan gagasan di komunitas desa Togale.

Karena semua itu hanya bisa di dapatkan atau diperoleh melalui lingkungan kota terutama pada lingkungan komunitas kampus. Sehingga kehadiran IKDT dapat memberikan pikiran kritis sekaligus solutif melalui kuliah kampong untuk komunitas masyarakat yang dilaksanakan di setiap desa -desa togale,” Lanjut Kadis Perhubungan ini.

Menurutnya, setiap paguyuban tentu memiliki program masing-masing, namun kuliah kampong hanya ada pada paguyuban Ikatan Komunitas Desa Togale (IKDT).

“Hal ini dilakukan karena banyak usia penduduk Halmahera Selatan mayoritas di atas 35 tahun tahun mengalami putus sekolah pada jenjang pendidikan SMP, SMA dan tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Potret pendidikan pada usia ini yang dapat di buat tesis bahwa mereka memiliki pengetahuan, wawasan dan gagasan yang masih rendah, sehingga perlu diberikan perhatian dan suplemen khusus untuk memiliki imunitas dan kapasitas kepala yang mumpuni,”ungkapnya.

Solusinya hanya dapat diberikan melalui kuliah kampung yang dilakukan oleh Ikatan Komunitas Desa Togale (IKDT).

Menurut Ketum IKDT, Dalam kuliah kampung ini, materi yang diangkat sangat relevan dengan isu dan opini yang sedang menjadi bahan perbincangan publik baik yang sifatnya lokal maupun nasional.

Apalagi tahun depan kita menghadapi tahun politik. Menghadapi tahun politik, tentunya komunitas masyarakat desa harus diikhtiarkan dalam mengelola pikiran pikiran politik yang bermuatsb politik identitas dan ujaran kebencian. Kehadiran kuliah kampong melalui IKDT ini pasti mengasah pikiran lebih pada politik yang berbau gagasan,” cetusnya lagi

Kuliah Kampong di desa Songa yang bertajuk : “Pendidikan Boleh Rendah, tapi Wawasan Harus Luas”.

Tema kuliah kampong yang cukup menggoda ini, membuat peserta sangat antusias dan serius untuk mengikutinya, karena mereka sebagai peserta kuliah kampong dapat disebut pula sebagai mahasiswa IKDT dengan kampusnya akan terdapat di kampong-kampong atau di desa-desa togale,” Kata Kadis Perhubungan ini sambil tertawa.

Foto: Ketua Umum IKDT Kabupaten Halmahera Dr. Iksan Subur Karamaha, M. Si

Peserta sebagai mahasiswa dalam perkuliahan kampung yang lebih unik lagi mereka adalah para mahasiswa IKDT usia kuliahnya tanpa batas dengan tempat perkuliahan juga relatif terbuka dan dimana saja,” Pungkas Iksan selaku mantan guru ini.

Karena itu program strategi Ikatan Komunitas Desa Togale (IKDT) dalam kuliah kampong ini sangat membantu dalam memerangi kebodohan dan kemiskinan pengetahuan serta membentuk komunitad berpikir yang kuat agar tidak mudah terhasut dan terprovokasi atas isu dan opini yang begitu cepat serta kencang yang merasuk pikiran dan hati di lingkungan komunitas desa togale itu sendiri,” jelasnya.

Dengan kata lain komunitas di desa-desa togale warganya tidak mengalami gagal paham atau kecelakaan berpikir.

Apalagi secara Nasional ditahun depan kita akan menghadapi tahun politik yang komunitas masyarakat desa menjadi sasaran empuk politik. Karena dipastikan atmosfir politik ditingkat desa akan mengalami temperatur yang cukup tinggi. Sehingga yang bisa mengendalikan temperatur politik itu adalah pengetahuan dalam cara berfikir,” tandasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan