KIM Konengan Adakan Bincang Jurnalistik di Balai Desa Galis

  • Bagikan

Sumenep, Detikzone.net- Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Konengan Kecamatan Giligenting menghadirkan langsung pemateri Sekjen KIM Nusantara, dalam “Bincang Jurnalistik” bertempat di Balai Desa Galis, Kecamatan setempat.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Desa Galis, H. Akhmad Safri Wiarda yang diwakili Sekretaris Desa Galis, Muhammad Kumpul. Pihaknya menyambut baik Bincang Jurnalistik yang digagas KIM Konengan Kecamatan Giligenting.

Pihaknya  juga berterima kasih kepada pemateri dari Surabaya  berkenan hadir di pulau Giligenting untuk memberikan pencerahan kepada pegiat  KIM, beserta  para pelajar di Kecamatan Giligenting sebagai kader pegiat informasi masyarakat.

Pegiat KIM di Kecamatan Giligenting bisa  berkontribusi pada daerah asalnya dalam hal kegiatan penyebaran dan menggali serta mengolah informasi di masyarakat dan menghindari informasi Hoax atau berita bohong,” kata Sekdes Galis di sela-sela acara Bincang Jurnalistik berlangsung, Selasa (22/02/2022) kemarin.

Kumpul berharap, semoga kegiatan ini bisa dikuti sampai selesai dan bermanfaat. Sehingga hasil dari kegiatan bisa diterapkan di Kecamatan  Giligenting, karena KIM adalah sebagai mitra pemerintah dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat luas.

Sementara itu, Bobbin Nila  Prasanta Yudha selaku Sekjen KIM Nusantara sebagai pemateri dalam acara “Bincang Jurnalistik” menyampaikan, bahwa kebebasan informasi saat ini menuntut kita untuk memahami kode etik jurnalistik.  Poin penting dalam pelatihan jurnalistik adalah  bagaimana bisa menjadi  penulis yang baik dan paham kode etik jurnalistik.

Dirinya menjelaskan kepada semua peserta khususnya pegiat KIM dapat menyampaikan informasi secara konsisten di masyarakat dan juga sebagai mitra pemerintah dalam memberikan informasi positif, serta menjadi agen informasi melawan berita-berita hoax.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan