Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pamekasan Akan Fasilitasi Tempat Representatif Untuk PKL

Pamekasan, Detikzone.net- Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur akan menfasilitasi tempat yang representatif bagi pedagang kaki lima (PKL) pada tahun 2022.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Muttaqin mengungkapkan, pihaknya akan menyiapkan dua tempat untuk relokasi bagi PKL. Yakni lahan eks rumah sakit daerah yang berlokasi di Jalan Kesehatan, dan lahan milik yayasan di Jalan Dirgahayu.

Kita siapkan dua tempat untuk relokasi PKL, insyaallah tahun ini dilaksanakan, sekarang baru persiapan lelang. Akhir tahun harapan kami bisa ditempati,” terang mantan Camat Tlanakan tersebut, senin (21/2/2022).

Menurutnya, dua tempat tersebut mampu menampung 300 PKL dengan prioritas PKL Arek Lancor dan PKL yang ada di Jalan Dirgahayu sendiri. Pihaknya akan berkoordinasi dengan stake holder lain untuk menfasilitasi PKL yang tidak tercover di dalam dua tempat itu.

Program relokasi PKL tersebut bernama ‘Pamekasan Cantik’. Targetnya, bulan november 2022 program itu terlaksana dengan baik. Sehingga beberapa ruas jalan yang saat ini dipadati PKL bersih dan tidak mengganggu arus lalu lintas.

Dengan adanya kepedulian pemerintah itu, PKL lebih gampang ditertibkan. Karena bagaimana pun ini kan untuk kepentingan mereka juga. Apalagi sampai mengganggu jalan, kan nggak enak dilihat,” tandasnya.

Dia berharap, para PKL bisa menempati tempat yang telah disediakan pemerintah demi keamanan dan kenyamanan mereka. Pemkab hadir hanya ingin memberikan fasilitas yang memadai untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

“Ini bentuk kehadiran pemerintah daerah untuk para PKL di Pamekasan. Kami fasilitasi demi kenyamanan mereka dalam menjajakan jualannya,” pungkasnya.