Uncategorized

Pantau Penerapan Layanan HomPIMPA, Bupati Sumenep Turun Langsung ke Puskesmas

2635
×

Pantau Penerapan Layanan HomPIMPA, Bupati Sumenep Turun Langsung ke Puskesmas

Sebarkan artikel ini
20220221 213730 0000
Foto: Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH, MH, saat turun langsung ke Puskesmas Kecamatan Bluto untuk memantau penerapan program layanan satu data kesehatan yakni aplikasi HomPIMPA.

Sumenep, Detikzone.net- Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH, MH, turun langsung ke Puskesmas untuk memantau penerapan program layanan satu data kesehatan aplikasi HomPIMPA berjalan maksimal, salah satunya di Puskesmas Kecamatan Bluto. Senin, 21/02/2022.

Bupati mengatakan, dirinya sengaja mendatangi Puskesmas untuk memastikan aplikasi HomPIMPA berjalan sesuai tujuannya dalam rangka memudahkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat saat berkunjung ke Puskesmas di Kabupaten Sumenep.

Dengan aplikasi layanan satu data kesehatan, para dokter maupun tenaga kesehatan di Puskesmas mengetahui data atau riwayat rekam medis pasien, sehingga penanganannya lebih cepat dengan data dalam HomPIMPA.

Saya ingin memastikan jika program HomPIMPA ini sudah berjalan, sehingga benar-benar terintegrasi di antara Puskesmas untuk memudahkan akses pelayanan kesehatan masyarakat,” jelas Bupati di sela-sela kunjungannya di Puskesmas Bluto, Senin (21/02/2021).

Kedatangannya untuk membuktikan program HomPIMPA berfungsi di setiap Puskesmas.

Pada minggu kemarin, dirinya berkunjung ke Puskesmas Pandian untuk memeriksa kesehatan, dengan hasil pemeriksaan itu, sebagai dasar untuk mengetahui apa data rekam medisnya bisa dibuka di Puskesmas lainnya.

Alhamdulillah, ternyata program HomPIMPA ini sudah terintegrasi di antara Puskesmas, karena data rekam medisnya bisa terbaca secara utuh di Puskesmas Bluto, termasuk ketika saya meminta Puskesmas Ambunten untuk membuka rekam medis yang dilakukan sebelumnya di Puskemas Pandian dan hasil pemeriksaan darah di Puskesmas Bluto juga terbaca hasilnya,” jelasnya 

HomPIMPA sendiri merupakan singkatan dari Health Indicator Modules with Appropriate Integrated Methods for Proper Access of Health Information. Dalam bahasa Indonesia berarti Metode Indikator Kesehatan dengan Metode Terintegrasi Tepat Guna untuk Akses Memadai Informasi Kesehatan

Lebih jauh suami Nia Kurnia Fauzi mengatakan, terobosan inovasi bidang kesehatan tersebut merupakan perwujudan pengembangan Health Center Information System (HCIS) dalam Smart Regency yang di-launching pada 17 Agustus 2021 lalu.

Saya mengharapkan para tenaga medis dan petugas Puskesmas untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” tuturnya.

Sementara, Aplikasi HomPIMPA telah dipayungi Peraturan Bupati (Perbup) sejak tanggal 1 November 2021 tentang satu data kesehatan Kabupaten Sumenep, terkait data dan Informasi terintegrasi sarana pelayanan kesehatan yang menyajikan secara terperinci menurut indikator terpilih.

Bahkan, melalui inovasi itu  memberi ruang bagi seluruh pemangku kepentingan memperoleh gambaran informatif, berinteraksi, memantau dan menganalisa perkembangan pelayanan, serta capaian kesehatan terkini di Kabupaten Sumenep.