Kalapas Kelas IIA Pamekasan Kenalkan Penambahan Sarana Kunjungan Online

Pamekasan, Detikzone.net. Patuhi aturan pemerintah, Lapas Kelas II-A Pamekasan launching penambahan sarana kunjungan melalui virtual dengan disediakannya Android. Senin (21/02/22).

Seno Utomo, Kepala Lapas Kelas II-A Pamekasan menyampaikan disediakan Hp Android karena untuk sementara waktu kunjungan langsung dilarang sebagaimana yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Layanan kunjungan online sesuai dengan keputusan Dirjen tentang pelaksanaan kunjungan pada masa pandemi covid-19, karena kunjungan langsung (tatap muka) tidak diperbolehkan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Seno Utomo meneruskan untuk mencegah virus varian baru Omicron pihaknya telah menyiapkan sarana kunjungan online.

Diadakan kunjungan secara online, dengan tiga buah komputer di ruang perpustakaan. Dan sekarang kita tambahkan 9 Hp Android serta 1 telfon genggam,” ungkap Seno Utomo.

Disediakan Hp Android bertujuan agar warga binaannya bisa bertemu secara daring dengan familinya, sedang waktu yang disediakan sekitar 5-10 menit dengan cara mendaftar kepada patugas.

Pelaksanaannya dengan sistem antrian siapa pendaftar pertama dan seterusnya. Hari Senin sampai hari Kamis dimulai pukul 08.00 sampai 11:30 WIB. Di hari Jumat mulainya pukul 08.00-11.00 WIB, siangnya dilanjut kembali pukul 13.00-14:00 WIB. Siapa yang dihubungi, warga binaan siapa, nomernya siapa, tiap bulan akan kita laporkan ke kantor wilayah berapa warga binaan yang menggunakannya,” Lanjut Seno Utomo.

Kalapas menegaskan agar warga binaannya memanfaatkan sarana yang disediakan dengan benar dan tidak memanfaatkan teknologi untuk melakukan pelanggaran.

Warga binaan tinggal menggunakan karena ini gratis, dan semisal ada penyalahgunaan, dari awal sudah terdeteksi atau hilang deteksi dini terkait dengan penggunaan Android di Lapas. Misalnya ada penggunaan napi warga binaan narkoba, jangan sampai memanfaatkan situasi ini untuk tidak baik, karena dari awal sudah terdeteksi”. tutur Kalapas kepada awak media.

Salah satu warga binaan lapas, Yudo, yang tersandung kasus narkoba berterima kasih dengan layanan alternatif yang disediakan Lapas karena memudahkan para napi untuk mengetahui keadaan keluarganya, seraya berharap agar fasilitas handphone ditambah untuk memfasilitasi para napi agar bisa berinteraksi dengan keluarga karna banyaknya tahanan.

Harapan kepengen ditambah fasilitas ini karna banyaknya tahanan. Tapi saya berterima kasih sudah bisa memberikan layanan ini, karena dengan layanan ini kami bisa nyambung keluarga kalo kangen bisa video call,” Ungkapnya saat diwawancarai.

Tinggalkan Balasan