Siapkan Pemuda Sampang Menuju Indonesia Emas, Sekdakab Bangkitkan Motivasi Pemuda

  • Bagikan
Foto: Sekda Kabupaten Sampang saat memberi sambutan ketika jadi pemateri seminar HIMASA UTM.

SAMPANG, Detikzone.net – Sekdakab H. Yuliadi Setiawan Menjadi Pemateri Seminar Nasional Dies Natalis Himasa UTM ke 15 dengan Tema “Menyiapkan Pemuda Sampang Menuju Indonesia Emas,” di Pendapa Trunojoyo, Minggu (13/2/2022).

Hadir dalam kesempatan tersebut Rektor Universitas Trunojoyo Madura Dr. Drs. Ec. H. Muh. Syarif, M.Si, Pembina HIMASA UTM Samsul Arifin, S.Ag., M.M, Organisasi Kemahasiswaan di Kabupaten Sampang, Ketua HIMASA UTM Shofi Muhammad dan pengurus.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiawan menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan Seminar Nasional yang diselenggarakan HIMASA UTM terlebih lagi diberikan kesempatan sebagai salah satu pemateri.

Kami mengucapkan selamat Dies Natalis ke 15 kepada keluarga besar HIMASA UTM, semoga seiring bertambahnya usia semakin solid dan eksis,” ujarnya.

Sekda berharap HIMASA UTM tak hanya sebagai wadah yang menghimpun para mahasiswa asal Sampang, “Namun juga menjadi wadah intelektual muda Sampang yang kaya ide, gagasan dan aksi nyata yang memberikan maslahat untuk Kota Bahari,” harapnya.

Melalui forum tersebut, diharapkan para peserta bisa berbagi ilmu, wawasan dan pandangan dalam upaya menyiapkan Pemuda Sampang menuju Indonesia Emas.

“Secara konseptual, Indonesia Emas merupakan sebuah visi besar yang dicanangkan Pemerintah RI yang ditargetkan akan tercapai di Tahun 2045 tepat satu abad kemerdekaan,” jelas Sekda.

Menurutnya, untuk menjadikan Tahun 2045 sebagai momentum emas, maka perlunya dipersiapkan generasi masa depan unggul yang energik, inovatif, produktif dan memiliki literasi digital yang memadai, bukan pemuda yang pasif dan apatis terhadap inovasi,” imbuhnya.

Pertanyaannya kini sudah siapkah Pemuda Sampang menyambut momen generasi emas itu ?

“Dalam konteks ini Pemerintah Daerah tentu menjadi salah satu stakeholder kunci yang ikut menentukan kesiapan Pemuda Sampang sesuai peran dan fungsinya,” ujarnya.

Berbagai program pembangunan yang terfokus dan berkelanjutan terutama di sektor pendidikan dan kesehatan namun sebagus apapun programnya tak akan efektif tanpa komitmen dan upaya sungguh-sungguh dari para pemuda Sampang sendiri.

Untuk itu, penting bagi kalian untuk melakukan self assessment terhadap kapasitas dan kelayakan untuk menjadi bagian dari SDM Bangsa yang unggul dan berdaya saing,” ucapnya.

Sekda Kabupaten Bumi Bahari juga menyampaikan hal penting yang harus mampu dibaca oleh para pemuda Sampang adalah fenomena transformasi digital yang sangat cepat karena itu penguasaan teknologi menjadi aspek yang harus dikuasi Pemuda Sampang.

Pemuda harus mampu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menciptakan berbagai peluang, termasuk bisnis dan pendidikan yang layak serta pemberdayaan masyarakat luas,” tutupnya

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan