Optimalkan Tumbuh Kembang Anak, TP-PKK Kecamatan Pragaan Kukuhkan Pokja Bunda PAUD

Sumenep, Detikzone.net- Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kecamatan Pragaan memfasilitasi terbentuknya Kelompok Kerja (Pokja) Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kecamatan setempat. Senin, 14/02/2022.

Ketua TP-PKK Kecamatan Pragaan, Gita Sri Wahyuni mengatakan, terbentuknya Pokja PAUD tersebut selain untuk memajukan Pendidikan Anak Usia Dini, juga menyukseskan tumbuhkembangnya anak pada periode emas (golden age).

Golden age atau periode emas adalah tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang paling penting pada masa awal kehidupan anak.

Golden age itu meliputi 1000 hari pertama kehidupan anak yang dihitung dari masa dalam kandungan sampai dengan usia anak mencapai dua tahun,” kata Ketua TP-PKK Kecamatan Pragaan, Senin (14/02/2022).

Ia menambahkan, pada masa tersebut sel-sel otak anak berkembang sangat cepat hingga 80 persen.

Pada usia tersebut otak mereka mampu menerima dan menyerap berbagai macam informasi, tidak melihat baik dan buruk. Sehingga perlu bimbingan dan kawalan dari gerakan Bunda PAUD,” jelasnya di sela-sela rapat pembentukan Pokja Bunda PAUD.

Pihaknya mengungkapkan, bahwa masalah yang terjadi akibat kurangnya pemenuhan kebutuhan anak pada masa golden age antara lain adanya gangguan kognitif, stunting atau perawakan pendek, serta adanya keterlambatan bicara maupun gangguan perilaku.

Penting bagi orang tua untuk mengenal tiap tahapan golden age anak serta memberikan perlakuan dan stimulasi yang sesuai perkembangannya. Di situlah peran Bunda PAUD menjadi penting,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan