Tidak Sekedar Tempat Ibadah, Masjid Al-Iksan Pasongsongan Punya Program Santunan Yatim

Foto: Kegiatan Bhakti sosial santunan yatim yang diadakan di Masjid Al-Ikhsan, Pasongsongan.

SUMENEP, Detikzone.net – Meneguhkan prinsip berbagi untuk fakir miskin dan anak yatim, Masjid Al- Ikhsan Pasongsongan, Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep menggelar acara rutin Bhakti sosial bulanan dengan tema ‘Berbagi dengan Anak Yatim’.  Sabtu, 12/02/2022.

Kegiatan kemanusiaan yang digelar di Masjid kebanggaan masyarakat pesisir di dusun Lebak, Pasongsongan tersebut dihadiri oleh Remaja masjid, Dewan pengurus Masjid, tokoh masyarakat, tokoh agama dan para donatur.

Pantauan di lokasi, ada sekitar 90 anak yatim bernasib malang yang diberikan bantuan di Masjid tersebut.

Sinot, warga setempat yang menjadi salah satu donatur mengatakan bahwa kegiatan itu sengaja digelar untuk menjadi penyambung perekonomian anak yatim yang prinsipnya memang punya hak untuk dibantu.

Sedekah kepada siapapun adalah sebuah ikhtiar kita mendapat Ridha dari Allah, terlebih lebih dilakukan kepada anak yatim yang memang sudah diamanahkan untuk kita semua untuk dijaga. Dan sebagai umat muslim, kita wajib bertanggung jawab,” jelasnya.

Sinot berharap agar bantuan tersebut bisa membantu dan mengurangi beban ekonomi keluarga si yatim .

Semoga giat santunan anak yatim yang dilaksanakan setiap bulan di Masjid Al-Ikhlas Pasongsongan ini bisa membantu mereka dan  memberikan kemaslahatan  dan kebaikan untuk kita semua,” tukasnya. 

Dikesempatan yang sama, Yus, sapaan karib ibu dari salah satu anak yatim yang menghadiri acara tersebut mengatakan, acara yang diadakan oleh Masjid Al-Ikhsan itu sudah yang kesekian kalinya dan sangat membantu perekonomiannya ditengah Pandemi.

Alhamdulillah mas, masjid ini memang kerap menyalurkan bantuan khusus untuk anak yatim, dan sangat membantu perekonomian saya. Mudah-mudahan masyarakat yang terlibat dalam acara suksesnya  bantuan ini menjadi ladang amal jariyah yang dilipat gandakan pahalanya,” tandasnya. Jumat, 11/02/2022. Malam.

Sementara itu, Zafa, panggilan keren tokoh masyarakat setempat mengapresiasi segenap Takmir Masjid dan panitia yang mengorbitkan program Masjid Al- Ikhlas berbagi.

Saya pribadi patut angkat topi atas program dan kegiatan- kegiatan yang dipelopori oleh Takmir Masjid, remaja masjid dan semua yang terlibat karena sudah memberikan inspirasi bagi semuanya. Bahwa masjid tidak hanya sekedar menjadi tempat ibadah namun juga harus menjadi wadah kemaslahatan umat melalui program Kemanusiaan,” puji Zafa.

Lebih jauh Zafa bertutur, kekompakan dan semangat gotong royong dalam semua faktor menjadi kunci suksesnya acara santunan rutin bulanan itu.

Sekali lagi, saya  mengapresiasi kegiatan kegiatan yang memberikan manfaat bagi masyarakat banyak. Apalagi santunan anak yatim yang digelar setiap bulan ini,” tutup Zava.

Tinggalkan Balasan