Ini Strategi Jenius Bupati Pamekasan Agar Kinerja OPD Efektif

  • Bagikan
Foto: Bupati Baddrut Tamam ketika menyalami pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pamekasan

Pamekasan, Detikzone.net- Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam mempunyai strategis jenius agar kinerja OPD lebih efektif  terkait rencana kontrak kerja  yang akan dilakukan dengan semua pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemerintah kabupaten (pemkab) setempat.

Menurutnya, strategi  kontrak kinerja tersebut akan menjadi catatan kesuksesan dan kegagalan setiap OPD dalam menjalankan programnya.

Kontrak kinerja tersebut akan ditandatangani langsung oleh pimpinan OPD, sekaligus akan menjadi bahan evaluasi.

Kontrak kinerja itu akan menjadi raport kerja, sehingga bukan suka tidak suka, tetapi kerja tidak kerja diantara kita. Misalnya pelatihan  WUB tahun 2022 itu ada 3 ribu sasaran, target selesainya kapan disitu ditulis, kalau tidak terealisasi sesuai target ditulis bahwa bersedia mundur dari posisinya,” ujar Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam, Minggu (6/2/2022).

Mas Tamam, sapaan karib Bupati Pamekasan ini juga menyebutkan, kontrak kinerja antara bupati dengan pimpinan OPD bertujuan untuk meningkatkan kinerja aparatur sipil negara (ASN) berpondasikan fastabiqul khairot atau berlomba-lomba dalam kebaikan sebagai wujud syukur atas nikmat yang telah diberikan Allah.

Bagi yang berpikir positif ini baik untuk produktifitas, bagi yang berpikir negatif akan bilang biarkan jangan disukseskan supaya kepala dinasnya diganti, akan bilang begitu,” ungkapnya.

Bupati kembali menegaskan, tidak ada yang paling terhormat diantara ASN satu dengan ASN lainnya, tetapi yang membuat mereka terhormat adalah para abdi negara yang mempunyai kesungguhan dalam mengabdi kepada bangsa dan negara sebagaimana sumpah yang diucapkan sebagai ASN.

“Jika pemahaman tentang kontrak kinerja ini sudah padu, semangatnya fastabiqul khairot. Karena negara telah memberi mandat kepada kita bahwa kita menjadi bagian dari elemen masyarakat yang menyediakan diri mengabdi untuk bangsa dan negara,” tegasnya.

Tokoh inspiratif ini juga mengajak pada ASN untuk senantiasa beryukur atas nikmat Allah apapun yang diterimanya. Karena syukur itu akan menjadi energi positif yang mengalir di dalam tubuh sehingga akan terpatri dalam tindakan serta karakter sehari-hari.

Tanyakan kepada hati terdalam kita, kontribusi apa yang telah kita berikan kepada negara sejak menjadi ASN, dan berapa gaji yang telah kita terima dari negara. Jika itu kita tanyakan kepada hati terdalam kita, malu rasanya kita,” ujar bupati saat kunjungan ke Kantor DPMPTSP Naker dan Dispendukcapil beberapa waktu lalu.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan