Tangkap Ikan Dengan Bahan Peledak, Nelayan Sapeken Diamankan

Foto; Tersangka beserta barang buktinya.

SUMENEP, Detikzone.net- Gunakan bahan peledak (dynamite fishing) untuk menangkap ikan, seorang nelayan di Pulau Saur Saebus, desa Saur Saebus, Kecamatan Sapeken, diamankan kepolisian setempat. Minggu, 06/02/2022

Nelayan tersebut ditangkap kepolisian sekitar pukul 09.00 Wib di perairan selangan antara pulau saur dan pulau saebus.

Diketahui, nelayan tersebut bernama Abd. Muid (41) warga desa Sapeken.

Penangkapan itu bermula saat Kepolisian setempat mendapat informasi dari masyarakat bahwa di perairan Pulau Saur Saebus – Sapeken ada sebuah perahu sedang menangkap ikan dengan menggunakan bahan peledak,” ujar Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti SH

Widi kembali menuturkan, setelah kepolisian mengetahui informasi tersebut, Kapolsek melaksanakan tugas patroli bersama Ps. Kanit Intelkam BRIPKA KHAIRUL ANWAR mendatangi perairan tersebut sekira pukul 08.00 wib.

Sesampainya dilokasi, petugas menyuruh juru mudi agar menepikan perahu yang dimaksud untuk dilakukan penggeledahan dan ditemukan barang bukti berupa bahan peledak dan hasil tangkapan ikan,” tutur Widi.

Dari hasil interogasi, kata Widi, terlapor mengakui bahwa barang bukti yang ada di perahu tersebut adalah miliknya.

Barang bukti yang disita kepolisian setempat yakni 1 unit perahu terbuat dari kayu, warna putih kombinasi biru, panjang 9 meter, lebar 1 meter, kedalaman 60 Cm dengan menggunakan 2 mesin masing – masing merk Yamaha type MZ-360 13 Pk, 13 botol berisi bahan peledak, 1 botol berisi bahan peledak yang sudah diberi bubuk mesiu, 1 plastik kecil berisi bubuk mesiu, beberapa ekor ikan dan sebuah sumbu peledak.

Selanjutnya terlapor berikut barang bukti dibawa ke Polsek Sapeken untuk dilakukan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut,” tandas Widi.

Tinggalkan Balasan