Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak Dari Sejak Dini

Foto: Tong Sampah

Penulis : Putri Windi Aulia, Mahasiswi IAIN LANGSA

Aceh Tamiang, Detikzone– net menumbuhkan karakter peduli lingkungan pada anak sangat lah penting, dari usia dini lah kita harus mengajarkan kepada anak-anak agar mereka lebih peduli terhadap lingkungannya.

Banyak Sekali hal positif yang bisa ditanamkan pada anak sejak dini agar menjadi kebiasaan hingga dewasa, salah satunya adalah kepedulian terhadap lingkungan .

karena, jika dari hal kecil tidak menjaga lingkungan maka dapat berdampak buruk bagi kondisi bumi ini maupun kelangsungan hidup dan semua makhluk yang ada di dalamnya.

Bagaimana sih kita mengajarkan sikap tersebut pada anak ? nah, agar anak- anak tetarik terhadap lingkungannya, kita bisa mengajarkan anak dari hal yang kecil terlebih dahulu seperti membuang sampah pada tempatnya.

Nah, jadi Dldimulai dari hal yang kecil seperti melatihnya dengan cara mengajarkan anak untuk membuang sampah pada tempatnya , memilah sampah organik dan anorganik .

Tidak hanya itu, anak bisa juga bisa diajarkan menanam pohon dan berkebun diakhir pekan, dan bisa diakukan  di halaman rumah sendiri.

Bila tidak memiliki halaman kita bisa membeli tanaman kecil yang ditanam di pot. Dengan memiliki tanaman, anak akan belajar mencintai dan merawat tanaman itu hingga tumbuh besar.

Contohnya, menyiram, memberi pupuk, sampai menaruhnya di tempat yang terkena matahari. Hal kecil ini bisa menumbuhkan kepedulian anak terhadap lingkungan dan menerapkannya pada lingkungan sekitar yang jangkauannya lebih luas.

Menumbuhkan kebiasaan tersebut memang lah tidak secara instan , tetapi pelan pelan dengan cara tersebut dan sejak dinilah akan tebentuk karakter mencintai lingkungan nya.

Karena apa yang kita tanam itulah yang akan kita tuai , maksudnya adalah kebiasaan kecil akan dilakukan saat dewasa nanti .

Tinggalkan Balasan