Wabup Sumenep Minta Peran Aktif Orang Tua Demi Suksesnya Program Vaksinasi Anak

SUMENEP, Detikzone.net- Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Kesehatan, menargetkan program vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 6 sampai 11 tahun sebanyak 98 ribu siswa Sekolah Dasar sederajat baik negeri maupun swasta.

Wakil Bupati Sumenep, Hj. Dewi Khalifah, SH, MH, M.Pd.I mengatakan, program vaksinasi anak bisa mencapai target dengan adanya dukungan semua elemen terutama peran aktif orang tua siswa memberikan izin anaknya untuk divaksin.

Kami harapkan orang tua atau wali murid memberikan dukungan program vaksin anak ini, supaya berjalan lancar dan mencapai target, karena vaksinasi COVID-19 untuk kesehatan serta meningkatkan imun sebagai upaya mencegah penularan COVID-19,” jelas Wakil Bupati (Wabup) di sela-sela serbuan vaksin COVID-19 bagi anak usia 6 hingga 11 tahun, di SDN Marengan Daya I Kecamatan Kota Sumenep, Kamis (03/02/2022).

Pada sisi lain, orang tua atau walid murid ikut menyosialisasikan kepada masyarakat bahwa anaknya setelah divaksin COVID-19 tidak ada efek samping, sehingga masyarakat tidak ragu untuk memvaksin anak-anaknya.

Orang tua siswa menginformasikan kalau vaksin COVID-19 aman dan halal supaya tidak ada keraguan bagi orang tua siswa untuk memvaksin anaknya dosis satu hingga dua,” terang Wabup Dewi Khalifah.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Agus Dwi Saputra mengatakan, program vaksin anak usia 6 hingga 11 tahun telah dilaksanakan di dua Sekolah Dasar (SD) Negeri yakni di SDN Parsanga IV dan SDN Marengan Daya 1.

Berdasarkan data, jumlah siswa yang telah divaksin di SDN Marengan Daya 1 sebanyak 60 anak sedangkan SDN Parsanga 4 sekitar 40 anak.

Yang jelas, kami telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) kepada kepala sekolah SD sederajat di jajarannya, untuk menyosialisasikan program vaksinasi anak kepada orang tua siswa bersama empat pilar Tim COVID-19 di setiap wilayahnya,” tuturnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, Agus Mulyono menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melaksanakan program vaksin anak di setiap sekolah secara bertahap.

Kami sudah menyiapkan persediaan vaksin untuk program vaksin anak usia 6 hingga 11 tahun, sehingga tidak perlu khawatir karena stocknya aman,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan