Program Vaksinasi Mulai Sasar Siswa SD

Foto: Pelaksanaan Vaksinasi anak

SUMENEP, Detikzone.net- Kabupaten Sumenep memulai program vaksinasi untuk anak, ditandai dengan pelaksanaan serbuan vaksin COVID-19 bagi anak-anak usia 6 hingga 11 tahun di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Parsanga IV Kecamatan Kota Sumenep, Rabu (02/02/2022).

Bukti keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep untuk menyukseskan program vaksinasi anak, hadir Wakil Bupati Sumenep, Hj. Dewi Khalifah, SH, MH,  M.Pd.I, Komandan Kodim (Dandim) 0827 Sumenep, Letkol Inf. Nur Cholis, A.Md, serta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Wakil Bupati mengajak seluruh orang tua agar tidak takut anaknya divaksin, karena program vaksin ini dalam rangka menambah kekebalan tubuh untuk mencegah penularan COVID-19, yang belum berakhir.

Vaksin COVID-19 bagian ikhtiar untuk menjaga kesehatan anak-anak dari COVID-19 dengan berbagai variannya termasuk yang terbaru yakni Omicron, sehingga perlu kewaspadaan bersama dengan membentuk kekebalan tubuh baik anak-anak hingga orang dewasa,” jelas Wakil Bupati.

Pihaknya berharap pelaksanaan vaksinasi anak di SDN Parsanga IV juga diikuti oleh lembaga pendidikan lainnya baik negeri maupun swasta, supaya vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun bisa mencapai target.

Manakala, capaian vaksin COVID-19 di Kabupaten Sumenep mencapai target baik anak-anak, dewasa dan lansia, tentu saja berefek positif kepada aktivitas masyarakat, sehingga perlahan bisa kembali pulih dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” imbuh Wakil Bupati.

Wakil Bupati mengatakan, keberhasilan program vaksinasi untuk pemulihan ekonomi, karena dengan terbentuknya herd immunity (kekebalan kelompok) melalui vaksinasi mampu menekan penularan COVID-19 serendah mungkin.

Kami berterima kasih kepada orang tua yang telah memvaksin anak-anaknya termasuk masyarakat untuk menekan penularan COVID-19 di Kabupaten Sumenep,” terangnya.

Pada pelaksanaan vaksin anak usia 6 hingga 11 tahun di SDN Parsanga IV, Nabiyan usia 8 tahun putra Komandan Kodim (Dandim) 0827 Sumenep, Letkol Inf. Nur Cholis, A.Md, menjadi anak yang pertama kali menerima vaksin COVID-19 dosis pertama.

Di tempat yang sama, Dandim 0827 Sumenep, Letkol Inf. Nur Cholis, A.Md mengungkapkan, pelaksanaan vaksin anak usia 6 hingga 11 tahun, di Sekolah Dasar sederajat, telah diprogramkan secara bergiliran sesuai dengan jadwal.

Kami sebelum melakukan program vaksin anak ini telah menyosialisasikan kepada orang tua siswa baik melalui Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) dan setiap sekolah. Alhamdulillah pertama pelaksanaan vaksin anak 6 hingga 11 tahun mendapat respon positif dari orang tua, dengan banyaknya siswa-siswi yang divaksin,” tandasnya.

Vaksin anak usia 6 hingga 11 tahun sama dengan vaksin COVID-19 untuk dewasa dan lansia yakni 2 kali dosis, dan saat ini, siswa-siswi itu baru menerima vaksin dosis pertama.

Jenis vaksin yang digunakan untuk program vaksinasi anak usia 6-11 tahun adalah vaksin Sinovac,” pungkas Letkol Inf. Nur Cholis, A.Md.

Tinggalkan Balasan