Sekolah Tahfidz Al-Mubarok Nyalabu Daya Pamekasan: Dari Buta Huruf Sampai Mahir Baca

Foto: Sekolah Tahfidz Al- Mubarok

Pamekasan, Detikzone.net. Cuaca tidak terlalu panas, jam sekitar pukul 10.55 WIB, media Detikzone.net berkunjung ke Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial Al-Mubarok, tepatnya di RT.001, RW.002 Dusun Tengah Desa Nyalabu Daya Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Sesampainya di tempat, media Detikzone.net disambut oleh ketua Yayasan, H. Achmad Supardi beserta para guru yang ada di lembaga tersebut.

BACA JUGA : Bupati Sampang Pimpin Apel Refleksi 3 Tahun Kepemimpinan

H. Achmad Supardi memaparkan bahwa di sektor pendidikan Yayasan tersebut mempunyai program unggulan yang fokus di bidang Tahfidz Al-Qur’an.

“Iya, program unggulan kami adalah mencetak peserta didik yang hafidz Al-Qur’an, bagi yang belum lancar bacaannya, kami fokuskan ke pengenalan huruf dan makhorijul hurufnya terlebih dahulu,” Tuturnya.

Adapun kegiatan di lembaga Tahfidz ini terbilang lumayan padat, dari terbit fajar, setelah melaksanakan sholat subuh berjamaah, peserta didik harus menyetor hafalan ke wali kelasnya masing-masing.

Ny. Sunami, salah seorang guru senior berujar, “Para murid disini, kami latih dari sehabis sholat subuh. Bila sore hari, masuk kelasnya dari jam 14.00 -16.00 WIB, sehabis sholat Magrib pendalaman materi makhorijul huruf, sesudah Isya kegiatannya setoran hapalan yg dipandu oleh wali kelasnya, kemudian jam 21.00 WIB waktunya beristirahat.” ujarnya

Didirikannya lembaga ini, kata dia, dengan tujuan mencetak kader-kader penerus yang cinta Al-Qur’an, sebagaimana yang diharapkankan oleh Ust. Helmi, pengajar makhorijul huruf di lembaga tersebut.

” Besar harapan semoga anak didik menjadi generasi yang cinta Al-Qur’an, yang Hafidzul Qur’an, juga andal di Qiroahnya,” harap Ustad Helmi.

Ia menambahakan, “Selain bergerak di bidang pendidikan, Yayasan ini juga berkiprah di aspek sosial kemasyarakatan, dari terbentuknya Remaja Masjid, Majelis Ta’lim Banin wal Banat, Kesenian dan Travel Haji dan Umroh,” imbuhnya

Sementara itu, Ustad Budiono, ketua Remaja Masjid setempat mengucapkan syukurnya dan berterima kasih atas dukungan yang sudah diberikan oleh segenap masyarakat.

” Alhamdulillah, Yayasan ini mendapat dukungan penuh dari masyarakat sekitar, sehingga segala kegiatan, baik yang bersifat keagamaan maupun kemasyarakatan sesuai dengan harapan,” Pungkas, Ustad Budiono.