Baru Dilantik, Kepala UPT Destinasi Wisata Bawean Komitmen Tingkatkan Perekonomian

Foto: Suwasis, Kepala UPT Destinasi Wisata Terpadu Kawasan Bawean

Sangkapura, Detikzone.net- Kepala UPT Wisata Terpadu Kawasan Bawean yang baru dilantik, Suwasis akan berupaya mengembangkan objek wisata di kawasan Pulau Bawean. Di samping itu akan berupaya membenahi kantor UPT Destinasi Wisata Terpadu Kawasan Bawean yang sudah saatnya dibenahi.

Senin, 24 Januari 2022 setelah menduduki jabatan sebagai kepala UPT Destinasi Wisata Terpadu Kawasan Bawean, beliau mengatakan beberapa tahun terakhir di Kecamatan Sangkapura dan Tambak berkembang pesat objek wisata yang dikembangkan oleh masyarakat.

Namun, perkembangan objek wisata tidak dibarengi dengan percepatan pembangunan infrastruktur jalan masuk atau akses yang mememadai.

“Sebagai kepala UPT Destinasi Wisata Terpadu Kawasan Bawean, Suwasis berharap Pemerintah Desa dan elemen masyarakat ikut mensukseskan pengembangan pariwisata yang ada di Pulau Bawean,”tuturnya.

Ia juga mengatakan sektor pariwisata yang sudah ada dan yang dikelolah oleh masyarakat ini pada dasarnya mampu menggerakkan ekonomi masyarakat di sekitar objek wisata dan pelaku wisata sendiri. Mengingat adanya pandemi COVID-19 saat ini, kegiatan wisata menjadi lumpuh total sehingga beliau berharap perlu adanya dukungan dari masyarakat.

“Kami juga berharap masyarakat Sangkapura dan Tambak lewat padat karya untuk pemberdayaan masyarakat dan pelaku wisata sehingga dapat membantu mereka bertahan sampai sektor pariwisata pulih kembali,” harapnya.

Gufal, Pegiat wisata Bawean yang juga pendiri Konservasi Bawean mengatakan bahwa banyak objek wisata di Bawean yang tak kalah menariknya dengan daerah-daerah lain, terutama wisata baharinya.

Dia juga mengemukakan bahwa pengelolahan melalui BUMDes mesti dilakukan agar masyarakat lebih diberdayakan sehingga dapat mengangkat perekonomian masyarakat desa .

“Bagaimana pun peran Media tak kalah pentingnya sebagai sarana publikasi agar dikenal oleh daerah-daerah di luar Pulau Bawean,” tukas dia.

“Kita berharap pengelolah objek wisata dan masyarakat sekitar dapat menjaga dan melestarikan keberadaan lingkungan alamnya yang asli dan unik. Hal yang paling penting bagi wisatawan adalah kebersihan lingkungan di tempat wisata,” Tutup Gufal

 

Tinggalkan Balasan