Jelang Pilkades, Forkopimka Pasean Bersama Bacakades Gelar Rakoor Sukses Vaksinasi

Foto: Rakoor Sukses vaksinasi bersama Bacakades dan Pihak Puskesmas Pasean di Pendopo Kecamatan.

Pamekasan, Detikzone.net- Jelang pelaksanaan Pilkades serentak Kabupaten Pamekasan, Forkopimka Pasean menggelar rapat koordinasi sukses vaksinasi di pendapa Kecamatan. Rabu, 26/01/2022.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolsek Pasean AKP Togiman, SH, Koramil Pasean yang di wakili oleh Bapak Syukur, Bakal Calon Kepala Desa dari tiga desa yang akan melakukan pilkades serentak di Kecamatan Pasean.

Tidak hanya itu, hadir pula Kepala Puskesmas Pasean selaku ketua tim pelaksana vaksinasi di wilayah se  Kecamatan Pasean.

Dalam kesempatan itu, Dwi Norkholis Ikhwan, yang baru seminggu mengemban amanah sebagai Camat Pasean memperkenalkan diri kepada peserta rapat yang hadir serta memberikan sambutan.

“Perkenalkan saya sebagai Camat baru di Pasean. Kami mengundang bapak dan ibu bakal calon kepala desa yang akan menggelar Pilkades serentak untuk berkoordinasi dalan suksesnya program pemerintah di kabupaten pamekasan khususnya di kecamatan Pasean yang tingkat pencapaiannya kurang maksimal ,” ujar Dwi Nur Kholis Ikhwan.

Dirinya meminta agar para peserta rapat yang hadir turut serta memberikan edukasi tentang baiknya vaksin kepada masyarakat dan pendukungnya sehingga tercapai masyarakat yang sehat.

“Karena sehat itu mahal harganya. Oleh sebab itu, vaksinasi ini tidak ubahnya imunisasi yang diberikan kepada balita guna memperkebal imun,” kata Camat Pasean.

Sementara itu, Kapolsek Pasean AKP Togiman SH dalam sambutannya memberikan himbauan agar semua masyarakat senantiasa menjaga diri dari kesehatan ditengah Pandemi Covid-19 dan varian baru Omicron.

“kita semua tahu sudah beberapa tahun ini, kita semua dilanda wabah Covid 19 yang belum juga berakhir. Bahkan, belakangan ini ada varian baru bernama OMECRON. Guna mencegah terpaparnya varian baru tersebut dan untuk membuka kesadaran masyarakat agar antusias bervaksin Bupati kita, Baddrut Tamam dan Kapolres menyiapkan hadiah sepeda motor dan sepeda gunung di masing masing Kecamatan, siapa tahu masyarakat di wilayah kami Pasean ada yang beruntung,” ungkapnya.

Menurutnya, pencapaian vaksinasi di pasean sampai sekarang sudah mencapai 60 persen. Ia berharap pencapaian vaksinasi di Kecamatan Pasean bisa sesuai target.

“Harapan kami pencapaian sampai maret bisa mencapai lebih dari 90 persen. Syukur- syukur bisa mencapai 100 persen, sehingga pelaksanaan Pilkades Pasean bisa terlaksana tanpa halangan yang dikarenakan pencapaian vaksin tidak memenuhi yang di targetkan Bapak Bupati, Baddrut Tamam,” bebernya.

Pihaknya juga menjelaskan bahwa di pintu Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan disiapkan Barcode sehingga para hak pilih untuk menggunakan hak suaranya harus tercantum di peduli Lindungi.

Dikesempatan yang sama, Koramil Pasean yang di wakili bapak Syukur membuat semua yang hadir termasuk tim vaksinasi dan para Cakades tertawa.

” Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun.  Di tahun 2020 kita semua tahu bahwa banyak kematian yang terjadi disebabkan wabah Covid 19 yang melanda di semua Negara termasuk di Negara ķita khususnya di Kecamatan Pasean. Oleh karenanya, Pemerintah mengupayakan membeli Vaksin pastinya dari uang kita yang di kelola oleh Negara. Sebelumnya memang masyarakat ketakutan akibat berita hoaks, namun sekarang masyarakat mulai sadar khususnya Pasean yang telah kami beri edukasi bahwa dengan bervaksin kita semua aka sehat,” ucapnya.

Ia menambahkan, “Selain itu efek vaksinasi yang saya rasakan itu menambah semangat kerja,” tambahnya.

Dirinya juga menjelaskan, data perolehan vaksinasi di Kecamatan Pasean yang ada di sembilan desa yang paling rendah adalah desa Sana Tengah.

“Desa lainnya rata -rata sudah mencapai sekira persen lebih,” pungkasnya .

Dalam giat itu pula, Kepala Puskesmas Pasean, NURHAYATUN yang sudah hampir dua tahun bertugas di Pasean menyampaikan kesiapannya dalam menjalankan tugas.

“Kami siap melaksanakan tugas secara kolektif dari satu tempat ke tempat lain secara dor two dor untuk pencapaian target program pemerintah,” tukas dia.

Kapus Pasean memohon dukungan kepada Bacakades di tiga desa yang akan melaksanakan pesta demokrasi agar sama sama mensuksesnya program vaksinasi sesuai target.

Dikesempatan yang sama Bacakades di tiga desa yang hadir dimintai kesiapannya untuk membantu mengedukasi. 

Di Pendopo Kecamatan tersebut, Kades Sanah Tengah  bertutur, “Sebenarnya masyarakat bukan tidak mau bervaksin. Namun sejauh ini, kami tidak pernah mendengar ada pengumuman di desa kami untuk disosialisasikan apalagi untuk pelaksanaan vaksinasi,” katanya.

H. Zainal, sapaan karib  Cakades Batukerbuy menambahkan, dirinya siapa menjadi garda terdepan untuk turut serta sukseskan program vaksinasi.

“Kami para bakal Calon Siap mendukung program program pemerintah, baik vaksinasi maupun program lainnya yang ada di Kabupaten Pamekasan. Namun kami memohon juga kepada Camat dan Kapus agar melakukan Vaksinasi sesuai 17 skrining yang telah di tetapakan  oleh kementrian kesehatan , salah satunya untuk tidak melakukan pemaksaan kepada mereka yang mempunyai penyakit bawaan serta anak di bawah umur (anak sekolah),” imbuhnya.

Selama ini, kata H Zainal, kendati ada rumor yang kurang nyaman di 2020 PASEAN, namun selama ini tetaplah kondusif. Jadi, harapan kami agar tidak terjadi polemik lebih- lebih mendekati Pilkades, pastinya agar tidak terpolitisir dengan cara mengintimidasi, karena hal itu bisa terjadi,” tandas H. Zainal.

Tinggalkan Balasan