Bupati Tamam Beberkan Capaian Program Prioritas Saat Raker Bersama BPSDMP Kominfo Surabaya

Foto: Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam.

Pamekasan, Detikzone.net- Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Baddrut Tamam menyampaikan capaian lima program prioritas saat rapat kerja terbatas bersama Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Surabaya, Selasa (25/1/2022).

Rapat kerja yang dilaksanakan di ruang VIP secara virtual itu tentang program 10.000 talenta digital yang akan dilaksanakan di Kabupaten Pamekasan pada tahun 2022 bekerja sama dengan BPSDMP Kominfo Surabaya.

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam dalam kesempatan itu menyampaikan beberapa capaian atas lima program prioritas yang telah dilaksanakan selama kepemimpinannya. Mulai pendidikan, kesehatan, ekonomi, infrastruktur dan reformasi birokrasi.

Baca JugaSaatnya Pamekasan Bangkit, Mas Tamam Sediakan Dana Fantastis Untuk Modal UMKM

Baca Juga ODGJ Juga Manusia, RSUD Mohammad Zyn Sampang Berikan Pertolongan Operasi

Baca Juga Pro Kontra Pilkades, Bupati Pamekasan Tampung Aspirasi Musyawarahkan Solusi

Di bidang pendidikan, Pemkab Pamekasan telah menggelontorkan beasiswa pendidikan bagi anak-anak tidak mampu di daerahnya. Seperti beasiswa santri, program ini pemerintah daerah telah memondokkan ribuan santri dengan uang saku Rp 500 ribu perbulan, beasiswa kedokteran, fasilitasi putra daerah yang ingin menjadi polisi kerja sama dengan Mapolda Jawa Timur.

Kemudian di bidang kesehatan dengan program Pamekasan Call Care (PCC), program ini dapat memudahkan masyarakat yang membutuhkan fasilitasi kesehatan dengan memberikan mobil sigap kepada semua desa di Pamekasan. Pemkab juga telah menempelkan stiker berisi nomor telpon petugas di setiap rumah warga tak mampu agar langsung menghubungi nomor tersebut apabila ingin mendapatkan bantuan.

“Untuk infrastruktur, kami telah membangun jalan poros kabupaten di daeah utara yang telah puluhan tahun tak tersentuh aspal, pembangunan jembatan, dan infrastruktur lain,” katanya bupati pada kesempatan tersebut.

Pihaknya juga memastikan tidak ada jual beli jabatan selama kepemimpinannya sebagai implementasi dari program reformasi birokrasi.

Selain itu, pihaknya selalu mendorong agar para aparatur sipil negara (ASN) keluar dari kebiasaan lama yang tidak produktif menuju kebiasaan baru yang lebih produktif seiring dengan perkembangan zaman.

Sementara, di bidang ekonomi Pemkab Pamekasan memiliki program sapu tangan biru atau sepuluh ribu pengusaha baru. Melalui ini, pemkab memberikan pelatihan gratis kepada anak-anak muda sesuai dengan jenis pelatihan yang diinginkan, tidak hanya pelatihan, pemerintah daerah juga memberikan alat produksi melalui dana corporate social responsibility (CSR).

“Tidak hanya itu, bagi masyarakat yang punya modal, kami juga sediakan pinjaman modal dengan bunga satu persen selama satu tahun, ya hanya administrasi saja kerja sama dengan Bank UMKM Jawa Timur,” ungkapnya.

Suami tercinta Nayla Baddut ini juga mengungkapkan, pihaknya akan menfasilitasi penjualan bagi produk UMKM hasil dari pelatihan tersebut. Baik pemasaran offline maupun online, fasilitasi pemasaran offline dengan mendirikan warung milik rakyat (wamira) mart di beberapa daerah, sementara pemasaran online bekerja sama dengan DPSDMP Kominfo Surabaya melalui program digital talent schoolarship pada tahun 2022.

“Saya berpikir bahwa pemerintahan sekarang itu harus mempunyai cara-cara baru untuk bisa mendorong bagaimana sektor-sektor lain menjadikan piranti teknologi sebagai bagian dari keseluruhan yang diperlukan pemerintah,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan