MPW Pemuda Pancasila Sumsel Adakan Rapat Pleno Persiapan Muswil VIII

Palembang, Detikzone.netMajelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila Provinsi Sumatera Selatan adakan Rapat Pleno dalam rangka berakhirnya masa bakti kepengurusan MPW Pemuda Pancasila Provinsi Sumatera Selatan 2017-2022.

Rapat tersebut dihadiri seluruh jajaran pengurus lengkap MPW beserta Perangkat Organisasi Tingkat Wilayah, giat rapat tersebut di laksanakan di Sekretariat MPW Pemuda Pancasila Sumsel Jalan Mangkubumi Kelurahan 3 Ilir Kecamatan Ilir Timur II Palembang, Minggu (23/01/22)

Rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua IV, Toni Fauzi serta didampingi Sekretaris Wilayah, Jan Haris Sagala yang dimulai pukul 14.00 hingga 17.00 guna membahas mengenai data konsolidasi organisasi, laporan program kerja bidang, serta pembentukan Panitia Pelaksana Musyawarah Wilayah VIII Ormas Pemuda Pancasila Provinsi Sumatera Selatan tahum 2022.

Dalam arahan yang disampaikan langsung oleh Ketua MPW Pemuda Pancasila Provinsi Sumatera Selatan, Muhammad Yansuri mengatakan bahwa sesuai Surat Keputusan masa bakti kepengurusan akan habis pada bulan Juni 2022 mendatang, namun dikarenakan sesuai hasil Mubes IX dan Mubes X, Ormas Pemuda Pancasila telah menerapkan sistem penyeragaman masa bakti kepengurusan, maka Majelis Pimpinan Wilayah se-Indonesia melaksanakan Muswil di tahun 2022, sedangkan Majelis Pimpinan Cabang se-Indonesia melaksanakan Muscab di tahun 2023, serta Pimpinan Anak Cabang se-Indonesia di tahun 2024, dan seterusnya hingga Pimpinan Ranting dan Pimpinan Anak Ranting.

“Sebagai Ormas berbasis massa, Pemuda Pancasila Sumatera Selatan terus berbenah melakukan program kerja internal dan eksternal serta evaluasi dan adaptif dalam menyikapi perkembangan zaman,” jelasnya.

Konsolidasi organisasi yang dilakukan sejak 2017 lalu secara bertahap dan berproses diterapkan, meski 2019-2020 pandemi covid-19 melanda dunia, Pemuda Pancasila Sumsel menerobos situasi dengan bergerak melaksanakan REBORN dan GRESS di setiap tingkatan jenjang organisasi.

“Musyawarah Wilayah VIII yang akan dilaksanakan kedepan ini merupakan upaya penataan dan evaluasi organisasi atas program kerja yang sudah dilakukan, yang belum dilakukan dan yang akan dilakukan. Back To Zero to Hero menjadi dasar dari semua program kerja organisasi yang diimplementasikan, sehingga semangat dalam membangun dan menguatkan organisasi menuju ormas modern yang mandiri, mengakar dan militan,” katanya.

Pada putusan Pleno mengenai kepanitiaan Musyawarah Wilayah VIII Pemuda Pancasila Provinsi Sumatera Selatan untuk Steering Committe (SC) ditetapkan sebagai Ketua adalah Toni Fauzi dan Sekretaris RM. Ari Maulana, sedangkan Organizing Committe (OC) diketuai oleh M. Reza Farisyi dan Sekretaris Zaidan.

“Kepanitiaan yang dibentuk saat ini merupakan kepanitiaan yang besar, dikarenakan melibatkan 4 unsur yaitu unsur Pengurus MPW Pemuda Pancasila Provinsi Sumatera Selatan, unsur Pengurus Perangkat Ormas Tingkat Wilayah, unsur MPC Pemuda Pancasila Kota Palembang dan unsur Perangkat Ormas Tingkat Cabang Kota Palembang guna mensukseskan beberapa agenda besar yaitu Muswil VIII Pemuda Pancasila Sumsel, Muswil II Sapma Pemuda Pancasila Sumsel, Apel Satu Komando 3000 Anggota Pemuda Pancasila se-Sumatera Selatan, Launching Pemuda Pancasila Sumsel Digital serta agenda lainnya yang sedang disusun dengan pelaksanaan kegiatannya selama 2 (dua) hari di kota Palembang,” bebernya.

Pada acara ini, kata dia, kepanitiaan menyiapkan secara eksplisit guna menyambut kehadiran Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal Majelis Pimpinan Nasional Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila beserta jajaran dan delegasi MPN. Selain itu, kegiatan akan diikuti oleh 17 Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila se-Provinsi Sumatera Selatan dan jajaran, 236 Pimpinan Anak Cabang Pemuda Pancasila se-Sumatera Selatan, 9 Perangkat Organisasi Pemuda Pancasila Tingkat Wilayah dan Tingkat Kabupaten/kota se-Sumatera Selatan. Akan berlangsung juga Musyawarah Wilayah II Satuan Siswa, Pelajar dan Mahasiswa (SAPMA) Pemuda Pancasila yang diikuti dari 17 Kabupaten/kota.

“Muswil Pemuda Pancasila Sumsel kali ini agak berbeda, dikarenakan Majelis Pimpinan Cabang (MPC) diinstruksikan untuk menghadirkan seluruh Ketua-Sekretaris Pimpinan Anak Cabang (PAC) serta Ketua-Sekretaris Perangkat Organisasi sebagai bentuk komitmen dan konkrit atas hasil konsolidasi basis yang telah dilakukannya,” jelasnya.

Dalam hal teknis, Musyawarah Wilayah VIII Ormas Pemuda Pancasila Sumatera Selatan akan menerapkan Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, Peraturan Organisasi, Petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis hasil Musyawarah Besar X Ormas Pemuda Pancasila tahun 2019 untuk memilih dan menetapkan Ketua Majelis Pimpinan Wilayah dan Program Kerja Pemuda Pancasila Provinsi Sumatera Selatan masa bakti 2022 – 2027.

“Proses-proses administrasi dan lainnya saat ini sedang dipersiapkan guna mensukseskan kegiatan akbar ini” tandasnya.

Sekali Layar Terkembang Surut Kita Berpantang.

 

Tinggalkan Balasan