Dr. Iksan Subur Karamaha Pimpin Pembentukan Perdana Pengurus IKDT Tingkat Desa

Foto: Ketua Umum IKDT Kabupaten Halmahera Selatan, Dr. Iksan S. Karamaha

HALSEL, Detikzone.net. Pelantikan Pengurus Ikatan Komunitas Desa Togale (IKDT) tingkat kabupaten yang dilaksanakan bersamaan dengan agenda deklarasi dan rapat kerja pada tanggal 18 Desember 2021 yang lalu, memberikan tanda bahwa organisasi atau paguyuban yang baru dibentuk ini telah resmi secara deyure maupun defakto dalam melaksanakan program-program rapat kerja di tahun 2022.

Salah satu dari program kerja tersebut adalah pembentukan pengurus IKDT tingkat desa yang wajib dilaksanakan di semua desa yang berkomunitas desa togale. Berdasarkan hasil survei IKDT mendapatkan 88 desa togale di kabupaten Halmahera selatan yang menjadi agenda pembentukan. Tandas ketua umum IKDT Dr. Iksan Subur Karamaha, S.Pd, M.Si.

Pembentukan IKDT tingkat desa akan dilaksanakan secara berpindah atau Mobile dengan menyisir semua komunitas desa togale tanpa terlewatkan. Karena itu, pembentukan perdana pengurus IKDT tingkat desa dapat dipusatkan di desa Kusbibi kecamatan Bacan barat yang mencakup empat (4) desa yakni desa loleo mekar, desa koubala-bala, desa Indari dan desa Kusbibi itu sendiri.

Memilih desa Kusbibi sebagai lokasi perdana pembentukan IKDT tingkat desa karena desa Kusbibi merupakan desa kelahiran ketua dewan pembina IKDT bapak Jasri Usman yang saat ini menjabat sebagai wakil walikota Ternate. Tegas Dr. Iksan Subur Karamaha selaku kadis perhubungan saat ini.

Selain itu, penetapan desa Kusbibi sebagai pusat kegiatan pembentukan IKDT perdana ini, karena berdasarkan hasil rapat atau Koordinasi bersama empat (4) kepala desa pada hari selasa kemarin yang menyepakati pada tanggal 29 Januari 2022 sebagai waktu hari H pembentukan. Sementara dalam kegiatan pembentukan IKDT tingkat desa ini, dapat diisi dengan agenda spesial tentang kuliah umum kepada para pengurus IKDT desa yang baru dibentuk itu. Kata mantan ketua umum ikatogale pertama.

Menurut Ketua Umum IKDT Dr. Iksan subur Karamaha, bahwa pembentukan pengurus IKDT tingkat desa, memiliki struktur organisasi yang sesuai dengan kebutuhan yang dialami di desa togale itu sendiri.

Struktur organisasi pengurus IKDT desa tersebut terdiri dari unsur ketua, sekretaris dan bendahara yang dilengkapi dengan lima (5) bidang meliputi : bidang pelestarian bahasa togale, bidang pelestarian adat istiadat, bidang pelestarian cakalele, bidang data pembangunan desa dan bidang data SDM togale.

Setiap bidang akan diisi oleh generasi togale yang berjumlah sepuluh 10) orang, sehingga semua pengurus IKDT tingkat desa menjadi Lima puluh tiga (53) orang,” ujarnya.

Dengan demikian, kata Iksan jumlah pengurus IKDT desa yang akan berkumpul dan dibentuk di desa Kusbibi menjadi dua ratus dua belas (212) orang.

Semua pengurus IKDT yang berjumlah ini akan diberikan kuliah umum oleh Bupati Halmahera Selatan, Wakil Walikota Ternate dan Kadis Perhubungan sebagai ketum IKDT kabupaten Halmahera selatan periode 2021-2026,” ucapnya.

Pengertian mendasar di bentuknya IKDT di tingkat desa menurut Dr. Iksan adalah untuk mengetahui secara dekat tentang potret permasalahan yang sedang dihadapi komunitas masyarakat desa togale untuk diselesaikan dengan pendekatan leleyani agar komunitas desa-desa togale dapat tersenyum melalui setiap bidang.

Pembentukan IKDT tingkat desa ini akan dibagi dalam tiga (3) zona besar komunitas keluarga yaitu zona Bacan, zona obi dan zona Gane. Program pembentukan pengurus IKDT tingkat desa merupakan pelaksanaan program yang ketiga setelah deklarasi, pelantikan dan rapat kerja,”jelasnya.

Menurut Iksan bahwa program IKDT yang pertama yang telah dilaksanakan adalah perayaan natal, kemudian kedua program pengadaan dan pelayanan rumah singgah dan yang ketiga adalah program pembentukan IKDT tingkat desa.

“Dalam waktu 23 hari rapat kerja, pengurus IKDT kabupaten telah melaksanakan tiga (3) Program kerja. Ini artinya Slogan Leleyani bagi IKDT memiliki spirit dan nilai yang hidup untuk terus berterusan dan berkelanjutan untuk dituntaskan semua Program kerja dalam satu tahun kedepan atau sampe Desember akhir tahun ini,” urainya.

Penulis: Muhlis/ Putra KasmanEditor: Redaksi

Tinggalkan Balasan