Menteri Kesehatan RI dan Bupati Banyuasin Resmikan Gedung RSUP Dr. Rivai Abdullah

Foto: BUPATI BANYUASIN KETIKA MENDAMPINGI MENTERI KESEHATAN RI RESMIKAN GEDUNG RSUP DR. RIVAI ABDULLAH

PALEMBANG, Detikzone.net – Bertempat di Gedung Pelayanan A RSUP Dr .Rivau Abdullah Mariana, Kabupaten Banyuasin Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin, didampingi oleh Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru, Bupati Banyuasin, H. Askolani dan Direktur Utama RSUP dr.Rivai Abdullah Kabupaten Banyuasin, dr. Zubaedah Elvia M.Ph, melakukan peresmian unit pelaksanan fungsional pengaman fasilitas kesehatan (UPF PFK), Rabu (05/01/22).

Hal ini dilakukan untuk dukungan peningkatan mutu pelayanan kesehatan yang baik di Sumatera Selatan namun dengan dukungan peralatan alat kesehatan yang baik juga.

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin mengatakan dalam sambutannya bahwa memang penting untuk melakukan pemaksimalan pelayanan di bidang kesehatan, terutama Presiden RI, Ir. Jokowi memberikan arahan untuk melakukan revormasi total di bidang kesehatan. Terlebih reformasi di rumah sakit, pada bidang layanan preventif untuk pemahaman masyarakat menjaga kesehatan.

 

Kita harus alihkan pola fikir, jangan menyembuhkan orang sakit, tapi bagaimana membuat masyarakat sehat,”ujarnya.

Dirinya menambahkan, juga mulai dari teknologi informasi kesehatan hingga SDM dibidang kesehatan harus dilakukan reformasi. Hal ini dikarenakan banyak RS yang kapasitas ruangan, tidak bisa menampung jumlah pasien yang banyak, oleh sebab itu lebih baik untuk meningkatkan mutu masyarakat dalam memahami kesehatan.

Jadi fokusnya bukan ke melayani lagi, namun fokusnya ke pasien, untuk prioritas edukasi peningkatan mutu pemahaman pentingnya sehat,” tambahnya.

Sementara Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru mengatakan, jika tempat ini sebelumnya rujukan dari 10 provinsi di Indonesia untuk penampungan penderita kusta pada zaman Belanda, namun kita bicarakan dengan Bupati Banyuasin, jika ini merupakan rumah sakit terlengkap di wilayah darat Kabupaten Banyuasin.

Kita jadikan pusat pelayanan masyarakat yang terbaik kedepan nantinya,” katanya.

Gubernur juga menambahkan, tentunya hal pelayanan kesehatan ini memerlukan perhatian khusus dalam hal pemaksimalan pelayanan, dan kita harapkan Menteri Kesehatan RI untuk membantu hal ini, terlebih target vaksin di Kabupaten Banyuasin, dan juga beberapa wilayah di Sumatera Selatan terpenuhi targetnya.

Bupati Banyuasin H. Askolani, mengatakan jika sesuai dengan perkataan Menteri Kesehatan RI tadi, bentuk pemaksimalan pelayanan kesehatan itu sangat penting. Terlebih Kabupaten Banyuasin sekarang memang sedang gencarnya meningkatkan hal tersebut, bahkan masuk dalam program kerja Pemerintahan Banyuasin.

Sesuai dengan program Banyuasin yang sedang gencar memaksimalkan pelayanan kesehatan, dan kita akan terus lakukan,” katanya.

Terlebih, program ini merupakan arahan langsung dari Presiden Jokowi, dan memang program yang pro dengan rakyat, dalam hal peningkatan mutu kesehatan.

Tinggalkan Balasan