Terkait PJ Kades Berpolemik, Kadis DPMD Cuek Hadiri Panggilan Komisi I DPRD Sampang

Foto: Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sampang, H. Aulia Rahman.

SAMPANG, Detikzone.net – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) Komisi I Kabupaten Sampang melayangkan surat panggilan kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( DPMD ) terkait adanya PJ Kepala Desa di Kabupaten Sampang yang menuai polemik karena diduga Non Pegawai Negeri Sipil (PNS) .

Berkenan dengan itu, DPRD Kabupaten Sampang mengambil sikap hingga pemanggilan tersebut dilakukan berdasarkan hasil rapat internal Komisi I DPRD Kabupaten Sampang pada tanggal 22 Desember 2021.

Pimpinan Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sampang, H.Aulia Rahman. SH.MH menjelaskan, pemanggilan kepada Kepala Dinas DPMD tersebut bertujuan untuk meminta data person PJ- yang terlaksana di Kabupaten Sampang.

“Oleh sebab itu, kami dari Lembaga DPRD Komisi I menggelar rapat internal, dan pada akhirnya kami sepakat melayangkan surat pamanggilan kepada dinas DPMD untuk meminta data nama PJ Kades tersebut agar kami mengetahui kebenarannya secara terang benderang,” tuturnya kepada Awak Media saat dikonfirmasi di kantor DPRD Kab. Sampang. Selasa 28/12/2021.

Dengan tegas, H Aulia Rahman juga berujar, pihaknya telah melakukan dua kali pemanggilan, namun pihak DPMD tidak mengindahkan dan memenuhi panggilan.

“Sudah dua kali dilakukan pemanggilan, namun pihak OPD DPMD tidak juga datang,,” ujarnya.

Lebih jauh pria yang dikenal dengan personnya yang familiar itu menambahkan bahwa alasan memanggil Kepala Dinas DPMD tersebut berawal dari informasi dan laporan dari masyarakat Kabupaten Sampang kepada Komisi I DPRD.

Atas informasi dan laporan masyarakat, PJ Kades tersebut diduga bukan berasal dari Desa setempat, dan bukan juga dari kesepakatan masyatakat dan para tokoh masyarakat setempat. Padahal untuk penunjukan PJ Kades ada kesepakatan tertulis yang sudah ditandatangani masyarakat dan perangkat Desa,” katanya.

Kami dari komisi 1IDPRD Sampang juga
akan mengkroscek langsung ke semua desa yang melaksanakan pengangkatan Pj agar tau kebenarannya,” tambahnya.

Pihaknya juga menyampaikan dengan  mangkirnya dua kali panggilan, Komisi I merasa tidak di hargai atas sikap Kadis DPMD yang terkesan cuek.  “Padahal, ini menyangkut marwah Lembaga Komisi I DPRD Sampang,” tandasnya.

Usai konfirmasi kepada Ketua Komisi I, awak media melakukan konfirmasi lanjutan via WhatsApp kepada Kepala DPMD, Chalilurrahman.

Dirinya menjelaskan alasan tidak memenuhi panggilan Komisi I DPRD Kabupaten Sampang dikarenakan adanya kegiatan.

“Saya mohon maaf kepada Ketua Komisi I, karena adanya acara yang bersamaan di kantor DPMD sendiri maka saya telp pak Nasafi,” kata dia via WhatsApp. Selasa 28/12/2021.

Ia mengungkapkan, akan menghadiri panggilan Komisi I DPRD Kabupaten Sampang.

Saya akan hubungi Bapak Ketua Komisi I, karena besok saya rencananya akan berangkat ke Surabaya menghadiri undangan di Grahadi,” tandasnya.