Bupati Sumba Timur Ditemui Tim Inisiator Pemekaran Provinsi

SUMBA, Detikzone.net – Bupati Sumba Timur, Drs. Khristofel Praing, M.Si yang ditemui Tim Inisiator Pemekaran Provinsi Sumba Wilayah Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) bersama Ketua Pelaksana Diskusi Publik, Haji Samsi Pua Golo,ST di rumah jabatannya, mengatakan bahwa Pemda patut memberikan apresiasi atas perjuangan Tim Inisiator dalam membangun komitmen kuat untuk terus mewacanakan pemekaran Provinsi Sumba Sabu Raijua. Senin (27/12/2021).

Menurut Bupati Kris Praing, untuk mendukung langkah bersama, akan memfasilitasi terbentuknya Tim Inisiator di Sumba Timur.

Sebagai langkah awal dalam merintis yakni akan berkoordinasi dengan tokoh Politik, tokoh kultural dan formal dalam membangun persepsi yang sama sehingga dapat membangun akses dan kepercayaan pada berbagai level tingkatan mulai dari tingkat daerah sampai ketingkat nasional (pemerintah pusat),” tutur Praing.

Dalam percakapan Bupati Kris Praing dengan Tim Inisiator, akan meminta Bpk. Drs. Lukas MB. Kaborang sebagai Tokoh Kultural dan Politik sebagai Ketua Tim Inisiator.

Hal tersebut sungguh beralasan, karena perjuangan dimaksud butuh energi yang cukup dan butuh pikiran dan strategi yang sistimatis untuk membangun akses kepercayaan kepada pemerintah pusat.
Refresentase keterwakilan sebagai tokoh formal dan informal sangat dibutuhkan,” tuturnya.

Menyinggung tentang kesiapan proses pemekaran beberapa wilayah untuk pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) di Sumba Timur dikatakan, tetap berproses sambil menunggu pencabutan moratorium oleh pemerintah pusat. Diharapkan DOB tersebut, akan menjadi yang utama untuk mendukung pemenuhan persyaratan normatif menjadi Provinsi Sumba.

DOB Kabupaten tersebut, bukan menjadi alternatif atau cadangan tetapi menjadi yang utama dalam mendukung hadirnya Provinsi Sumba kedepan,” ujarnya.

Terkait pelaksanaan diskusi publik yang direncanakan akan berlangsung bulan April 2022, yang hal mana akan menghadirkan para Bupati Sedaratan Sumba dan Sabu Raijua sebagai narasumber dikatakan, pada prinsipnya siap menghadiri dan berkolaborasi bersama dalam mewujudkan komitmen dan gerakan bersama.

Tinggalkan Balasan