Nakes Berjiwa Pejuang, Kades Kalisangka Juga Memuji Prestasi Asharul Fauli

Foto: Asharul Fauli A.Md Kep, ketika menaiki Kapal penyeberangan ke Pulau Mamburit desa Kalisangka tempat ia bertugas mengemban amanah kemanusiaan sebagai tenaga kesehatan.

SUMENEPDetikzone.net- Bertugas di kepulauan terpencil tidak lantas membuat pria sederhana yang berprofesi sebagai nakes berjiwa pejuang ini memudarkan semangatnya  untuk melaksanakan tugas memberikan manfaat untuk masyarakat banyak di Pulau terpencil Mamburit desa Kalisangka, Kecamatan Arjasa.

Atas dedikasinya  yang tinggi dan dinilai berjasa terhadap dunia kesehatan di kepulauan terpencil tersebut, pria kelahiran bumi Arjasa, Asharul Fauli A.Md Kep mendapatkan penghargaan dari Dinas Kesehatan ( Dinkes ) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Rabu, 22/12/2021.

Piagam Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh orang nomor satu di Kab. Sumenep, Achmad Fauzi SH, MH di halaman Pemkab Kabupaten Sumenep pada Rabu pagi.

Tenaga kesehatan keturunan Bugis itupun mengungkapkan terima kasihnya atas penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Kesehatan.

Baca JugaBertugas di Pulau Terpencil Namun Berdedikasi Tinggi, Nakes Asal Bumi Arjasa Diberikan Penghargaan

Baca Juga : Jelang Nataru, Polres Sumenep Sigap

Baca Juga : Gerakkan Perekonomian Masyarakat, Bupati Fauzi Resmikan Rumah Produksi

“Sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi saya pribadi mendapat apresiasi dan penghargaan ini. Terima kasih untuk Bupatiku Achmad Fauzi SH, MH dan juga Kadinkes Sumenep, Agus Mulyono,” ungkapnya.

Menurutnya, Penghargaan itu akan menjadi dorongan motivasi untuk memberikan pelayanan yang jauh lebih baik kepada masyarakat.

Foto: Bupati Sumenep, Achmad Fauzi SH, MH ketika memberikan piagam penghargaan untuk Nakes bumi Arjasa, Kangean, Asharul Fauli A.Md Kep.

“Momentum seperti ini hanya untuk memacu motivasi agar hidup kita penuh dengan manfaat,” tegasnya.

Baca JugaKapolsek Kangean Bantah Tegas Tudingan Ada Uang Tebusan Sepeda Motor

Baca JugaSudah Siapkah Madura Jadi Provinsi? Ini Kata Bupati Baddrut Tamam

Baca JugaBupati Sumenep Tinjau Proses Penyerapan Gabah Petani di Paberasan

Asrul Fauli menuturkan, kendati dirinya mendapatkan penghargaan dengan pengabdian tinggi di Kepulauan, namun fakta yang nyata, dirinya masih sebagai tenaga Kontrak dari Provinsi.

“Selama 11 tahun lebih terhitung dari tahun 2010 saya masih tenaga kontrak dari provinsi dan hingga kini belum terhitung masa sukwan juga . Saya dan teman-teman berharap akan ada perhatian khusus dari pemerintah minimal ke P3K dan syukur-syukur diangkat menjadi ASN. Karena saat ini sedang gencar gencanya P3K dan ASN,” tuturnya.

Daeng, sapaan karib dari Asharul Fauli juga berharap kepada pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep agar sarana dan prasarana di bidang kesehatan, khususnya di Kepulauan terpencil di kepulauan Kangean, semakin di atensikan dan dimaksimalkan.

Tentunya harapan kita semua menginginkan agar Puskesmas Arjasa dan Ponkesdes ditempat saya bertugas memiliki peralatan kesehatan yang mumpuni dan lebih lengkap demi menunjang pelayanan kesehatan yang lebih ekstra dan lebih baik untuk masyarakat. Salah satunya mungkin  Ambulance laut untuk.  Karena Ambulance laut tersebut sangat, sangat dibutuhkan ketika kami merujuk pasien ke daratan,” terangnya.

Sejauh ini, perahu yang dikatakan ambulance laut itu berukuran lebar 1.5 meter dan  ukuran panjang 12 meter dan harus menempuh perjalanan 8-10 jam ke Sumenep Daratan. Jika hal ini tidak diatensikan, kasihan sekali pasiennya yang sakit. Sudah sakit tersiksa lagi,” imbuhnya.

Tak lupa, Asharul Fauli juga memuji kerjasama tim tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas Arjasa dan koleganya yang ada di desa Kalisangka Pulau Mamburit karena sudah banyak membantu dan mendukung program- program kesehatan.

Atas pencapaian itu, Ainur selaku Kepala desa Kalisangka mengapresiasi tenaga nakes asal Arjasa tersebut.

Yang pertama saya sangat mengapresiasi beliau dan tenaga medis yang lain, serta para kader kesehatan desa Kalisangka yang sangat solid dan sinergis,” ucapnya.

Lebih jauh dirinya mengungkapkan, dengan adanya Daeng Pauli di pulau Mamburit, desa Kalisangka, banyak sekali kegiatan- kegiatan untuk masyarakat dan pemuda yang  dipelopori.

Saya selaku Kades Kalisangka akan sangat mendukung dan mensupport. Baik itu dukungan moril maupun materil. Harapan saya bagaimana beliau cepat diangkat jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) karena melihat masa kerjanya dan Kedua adalah prestasi-prestasinya.

Kades Kalisangka juga mengatakan bahwa terkait Ambulance laut, dirinya sudah menyampaikan langsung kepada Bupati Sumenep ketika Sowan ke kediamannya agar di Kepulauan ada sebuah perahu siaga demi rakyat.

Alhamdulillah bapak Bupati Fauzi menanggapi hal tersebut,” tukasnya.

Selama ini, lanjut dia, pihaknya memang sudah berfikir keras bagaimana caranya agar supaya ada Armada khusus di pulau Mamburit Desa Kalisangka itu ada.

Karena ketika emergency dimalam hari kita sangat membutuhkan itu,” tandas Kades Ainur kepada  Detikzone.net.