Genjot Percepatan Vaksinasi, Bupati Sumenep Tekankan Jemput Bola

SUMENEP, Detikzone.net- Akibat masih rendahnya capaian vaksinasi di Kabupaten Sumenep, akhirnya Pemerintah Daerah setempat menginstruksikan tiga pilar kecamatan untuk melakukan langkah cerdas dalam percepatan vaksinasi.

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH, MH mengatakan, tiga pilar di setiap kecamatan harus mengambil langkah percepatan vaksinasi dengan menjemput bola ke masyarakat, sehingga perlu meningkatkan koordinasi bersama seluruh elemen di desa.

Empat pilar harus meningkatkan koordinasi dengan Kepala Desa (Kades), Kepala Dusun (Kadus), Ketua RW/RT, tokoh agama dan masyarakat, untuk mengerahkan warga agar antusias datang ke pos vaksinasi di wilayahnya,” kata Bupati seusai Rapat Koordinasi (Rakor) Vaksinasi COVID-19, di Ruang VIP Rumah Dinas (Rumdis) Bupati, Jumat (17/12/2021).

Tiga pilar terdiri dari Kepala Puskesmas, anggota Polsek dan anggota Koramil juga membuat terobosan untuk menjemput bola, dengan mendatangi rumah penduduk yang belum divaksin agar mengikuti program vaksinasi.

Tiga pilar juga membuat jadwal dan tempat pelaksanaannya guna mempercepat proses vaksinasi COVID-19, sekaligus memberikan pelayanan yang baik kepada warga,” imbuhnya.

Dirinya menegaskan, tiga pilar untuk menyukseskan program percepatan vaksinasi harus membetuk tim vaksin sebagai petugas yang melayani masyarakat, baik di Puskesmas maupun tim turun lapangan atau ke rumah warga.

Tiga pilar bersama tim vaksin juga menjemput bola dengan turun langsung melaksanakan vaksinasi ke rumah-rumah warga, sehingga tidak hanya menunggu di Puskesmas atau pos vaksin saja, sebagai upaya mempercepat program vaksinasi di setiap desa,” terangnya.

Pelaporan pencapaian vaksin yang dilakukan setiap desa atau kecamatan hendaknya dilakukan perhari ke Dinas Kesehatan, supaya data perkembangan vaksinasi yang tercatat adalah terbaru.

“Setiap hari hasil dari data vaksinasi di desa atau kecamatan segera dimasukkan ke PCare, agar updating data setiap saat,” pintanya.

Orang nomor satu di Kabupaten ujung Timur Pulau Madura ini mengungkapkan, tim vaksin kecamatan untuk membuat jadwal kegiatan setiap minggu dan melaporkan jadwal itu ke Dinas Kesehatan serta Polres Sumenep melalui Polsek setempat.

Yang jelas, kami (Pemkab Sumenep) meminta dukungan dan bantuan semua pihak untuk menyukseskan program percepatan vaksinasi,” tandasnya.

Dirinya mengapresiasi kepada empat pilar kecamatan yang terus bersinergi, bahkan telah melakukan langkah-langkah percepatan vaksinasi hingga ke tingkat desa di daerahnya masing-masing.

Saya berterima kasih kepada tiga pilar dan tim vaksin kecamatan yang melayani vaksinasi hingga ke rumah-rumah warga di daerahnya. Mudah-mudahan di kecamatan lainnya juga melakukan kegiatan serupa, supaya percepatan vaksin di Kabupaten Sumenep bisa tercapai dengan cepat,” tutupnya.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan